Bubungan Tinggi

Rumah Bubungan Tinggi yang sederhana milik keluarga petani nelayan beratap rumbia dan berdinding pelupuh/gedhek.
Atap Bubungan Tinggi pada Rumah Bubungan Tinggi beratap sirap.
Rumah Bubungan Tinggi yang sederhana milik keluarga petani nelayan beratap rumbia dan berdinding pelupuh/gedhek.(left), dan model Atap Bubungan Tinggi pada Rumah Bubungan Tinggi (right)
Large wooden rectangular house with steeply peaked roof in thatch
Reconstructed Mahitsielafanjaka palace
Atap Bubungan Tinggi tanpa anjung /cacak burung di Madagaskar. Early Besakana with thatched roof (left), and reconstructed Mahitsy with shingled roof (right)
Gagalungan pada rumah Bubungan Tinggi yang jumlahnya bisa mencapai tujuh pasang

.

Bangunan baru Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dengan motif Rumah Banjar Bubungan Tinggi yang berada di kawasan Cempaka, Kota Banjarbaru.
Bangunan lama Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dengan motif Rumah Bubungan Tinggi
Bangunan baru Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dengan motif Rumah Banjar Bubungan Tinggi yang berada di kawasan Cempaka, Kota Banjarbaru. (left), dan Bangunan lama Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dengan motif Rumah Bubungan Tinggi (right)

Atap Bubungan Tinggi adalah bumbungan atap rumah Banjar yang merupakan atap pelana dengan sudut 45° yang relatif curam dengan posisi melintang. Atap pelana dengan posisi melintang ini juga sering disebut atap model Rumah Kampung atau Rumah Lipat Kajang (Rumah Kajang Pedati).

Atap Bubungan Tinggi menutupi ruang induk yang disebut Palidangan atau Panampik Panangah.

Kontruksi Atap Bubungan Tinggi tersebut ditopang oleh 8 buah tiang utama yang disebut Tihang Pitugur. Tiang utama ini menyangga konstruksi kuda-kuda atap utama disebut Sangga Ribut. Ruang Palidangan ini secara kosmologis merupakan pusat rumah atau titik tengah rumah, yang secara filosofi merupakan ruang yang paling penting (privat). Susunan ke 8 buah Tihang Pitugur atau Saka Guru yang membentuk konstruksi utama bangunan inilah yang menyangga kuda-kuda atap utama. Ke-8 buah tiang inilah yang didirikan terlebih dahulu, setelah itu barulah tiang-tiang lainnya.

Rumah adat Banjar yang menggunakan atap Bubungan Tinggi dinamakan Rumah Bubungan Tinggi yaitu jenis rumah bernilai paling tinggi di antara jenis-jenis rumah Banjar karena merupakan jenis rumah yang dipergunakan sebagai kediaman Sultan dalam suatu kompleks keraton.

Atap Bubungan Tinggi terletak di antara atap Pisang Sasikat yang menutupi kedua buah Anjung. Di sebelah depan atap Bubungan Tinggi disebut atap Sindang Langit, sedangkan di belakang atap Bubungan Tinggi disebut atap Hambin Awan. Tetapi untuk rumah Gajah Baliku atap di sebelah depan atap Bubungan Tinggi disebut atap Gajah (atap perisai).

Meskipun masyarakat Banjar sekarang adalah masyarakat yang secara khusus hidup didalam unsur keagamaan Islam, namun masih banyak sekali adat dan budaya Banjar yang masih mempertahankan adat budaya nenek moyang Dayak Kaharingan. Jika kita lihat maka di dalam kehidupan sehari hari masyarakat Banjar pun masih kental akan Kaharingan meski terkadang hal itu tidak disadari. Wajar saja, karna Kaharingan adalah kepercayaan awal suku Dayak di Kalimantan. Bahkan ketika mereka sudah memeluk agama Islam pun, masyarakat Banjar masih tidak bisa lepas total dari adat Kaharingan meskipun sebagian besar telah disunting agar sesuai dengan Islam.

Rumah Banjar terdiri dari berbagai jenis dan bentuk, pemisahan jenis dan bentuk rumah Banjar sesuai dengan filsafat dan religi yang bersumber pada kepercayaan nenek moyang yaitu Kaharingan yang mana dalam kepercayaan suku Dayak alam semesta yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu alam atas dan alam bawah.

Rumah Bubungan Tinggi merupakan lambang mikrokosmos dalam makrokosmos yang besar. Penghuni seakan-akan tinggal di bagian dunia tengah yang diapit oleh dunia atas dan dunia bawah. Di mana mereka hidup dalam keluarga besar, sedang kesatuan dari dunia atas dan dunia bawah melambangkan Mahatala dan Jata.

Rumah Bubungan Tinggi melambangkan berpadunya Dunia Atas dan Dunia Bawah di dalam Dwitunggal Semesta.

Pada peradaban agraris, rumah dianggap keramat karena dianggap sebagai tempat bersemayam secara ghaib oleh para dewata seperti pada rumah Balai suku Dayak Meratus yang berfungsi sebagai rumah ritual.

Pada masa Kerajaan Negara Dipa sosok nenek moyang diwujudkan dalam bentuk patung pria dan wanita yang disembah dan ditempatkan dalam istana. Pemujaan arwah nenek moyang yang berwujud pemujaan Maharaja Suryanata dan Puteri Junjung Buih merupakan simbol persatuan alam atas dan alam bawah Kosmogoni Kaharingan-Hindu.

Suryanata sebagai manifestasi dewa Matahari (Surya) dari unsur kepercayaan Kaharingan-Hindu, matahari yang menjadi orientasi karena terbit dari ufuk timur (orient) selalu dinantikan kehadirannya sebagai sumber kehidupan, sedangkan Puteri Junjung Buih berupa lambang air, sekaligus lambang kesuburan tanah.

Pangeran Suryanata sebagai perlambang "Dunia Atas" sedang Puteri Junjung Buih sebagai perlambang "Dunia Bawah".

Pada arsitektur Rumah Bubungan Tinggi pengaruh unsur-unsur tersebut masih dapat ditemukan. Bentuk ukiran naga yang tersamar/didestilir (bananagaan) melambangkan "alam bawah" sedangkan ukiran burung enggang gading melambangkan "alam atas".

Pohon Hayat; Wujud bentuk rumah Banjar Bubungan Tinggi dengan atapnya yang menjulang ke atas merupakan citra dasar dari sebuah "pohon hayat" yang merupakan lambang kosmis. Pohon Hayat merupakan pencerminan dimensi-dimensi dari satu kesatuan semesta. Ukiran tumbuh tumbuhan yang subur pada Tawing Halat (Seketeng) merupakan perwujudan filosofi "pohon kehidupan / Batang Garing" di dalam kepercayaan Dayak Kaharingan.

Payung; Wujud bentuk rumah Banjar Bubungan Tinggi dengan atapnya yang menjulang ke atas merupakan sebuah citra dasar sebuah payung yang menunjukkan suatu orientasi kekuasaan ke atas. Payung juga menjadi perlambang kebangsawanan yang biasa menggunakan "payung kuning" sebagai perangkat kerajaan. Payung kuning sebagai tanda-tanda kemartabatan / kemewahan kerajaan Banjar diberikan kepada para pejabat kerajaan di suatu daerah.

Simetris; Wujud bentuk rumah Banjar Bubungan Tinggi yang simetris, terlihat pada bentuk sayap bangunan atau anjung yang terdiri atas Anjung Kanan dan Anjung Kiwa yang sekilas sangat mirip dengan rumah adat Dayak Maanyan. Hal ini berkaitan dengan filosofi simetris (seimbang) dalam pemerintahan Kerajaan Banjar, yang membagi kementerian, menjadi Mantri Panganan (Kelompok Menteri Kanan) dan Mantri Pangiwa (Kelompok Menteri Kiri), masing-masing terdiri atas 4 menteri, Mantri Panganan bergelar 'Patih' dan Mantri Pangiwa bergelar 'Sang', tiap-tiang menteri memiliki pasukan masing-masing. Konsep simetris ini tercermin pada rumah bubungan tinggi.

Rumah yang menggunakan atap Bubungan Tinggi:

  1. Rumah Bubungan Tinggi
  2. Rumah Gajah Baliku

Bubungan Cacak Burung

Sementara itu dalam perkembangannya juga dikenal adanya jenis rumah Cacak Burung, dimana pada dasarnya atap sebuah rumah dalam posisi memanjang ke belakang (membujur) kemudian diberi suatu atap berbentuk trapesium atau menyerupai atap limas dalam posisi melintang sehingga berbentuk tanda Cacak Burung ( + ). Dalam hal ini posisi atap limas yang melintang (bahalang) lebih tinggi daripada posisi atap yang membujur ke belakang.

Rumah Cacak Burung menggunakan suatu bentuk atap limas yang memanjang dalam posisi melintang (bahalang) yang sekaligus menutupi ruang Palidangan dan kedua buah Anjung. Bubungan Cacak Burung ini merupakan suatu perkembangan bentuk dari Bubungan Tinggi yang disederhanakan, jadi posisinya sama dengan Bubungan Tinggi. Posisi Nok Atap (pamuung/wuwungan) Bubungan Cacak Burung yang menutup ruang Palidangan dan kedua anjung ini lebih tinggi dari dari Nok Atap atap pelana yang menutupi ruang Paluaran/Ambin Sayup.

Rujukan

  1. Imam Santoso, gambar konstruksi Type Rumah Banjar Bubungan Tinggi Baruh Kambang, Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru Kalsel, 11 Februari 1984.
  2. Budiarti, gambar konstruksi Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi Habirau Negara, Proyek Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan Kalimantan Selatan, Kanwil Depdikbud Kalsel, 03-09-1994.
  3. Tim Depdikbud, Rumah Adat Banjar dan Ragam Hiasnya, Proyek Rehabilitasi dan Perlusan Museum Kalsel, Depdikbud, 1977/1978.
  4. Tim Museum Lambung Mangkurat, Rumah Tradisonal Banjar Rumah Bubungan Tinggi, P3 Kalsel, Depdikbud, 1980/1981.
  5. Seman, Symasiar, Drs.H. Rumah Adat Banjar Arsitektur Tradisional Kalimantan Selatan, Direktorat Perumahan, Dirjen Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum, Pusat Informasi Teknik Pembangunan, Proyek Pembinaan Umum Pembangunan Perumahan Kalsel, 1983.
  6. Tim Depdikbud, Album Seni Budaya Kalimantan Selatan, Proyek Media Kebudayaan, Depdikbud, 1983/1984.
  7. Tim Depdikbud, Arsitektur Tradisional Daerah Kalimantan Selatan, Proyek Inventarisasi dan Dolumentasi Kebudayaan Daerah, Depdikbud, Jakarta, 1986.
  8. Sjarifuddin, Drs, Pengantar Pameran Khusus Rumah Tradisional Bubungan Tinggi dan Kelengkapannya, Depdikbud, Dirjen Kebudayaan, Direktorat Permuseuman, Museum Negeri Provinsi Kalsel Lambung Mangkurat, 1992/1993.
  9. Tim KKL Angkatan '90 Arsitektur Undip, Laporan "Kuliah Kerja Lapangan Banjar Kalimantan Selatan" 23-28 September 1993, Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro, 1993.
  10. Azan, Seminar Tata Ruang dan Karaktaristik Rumah Tradisional Suku Banjar di Kalimantan Selatan, Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro, Juni 1994.
  11. Hakim, Tedy Avianto, Seminar Pengaruh Arsitektur Tradisional Bubungan Tinggi pada Bangunan Kantor Pemerintah di Banjarmasin, Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro, Februari 1997.

Pranala luar

Baca informasi lainnya:

2019 video gameWolfenstein: CyberpilotDeveloper(s)Arkane LyonMachineGamesPublisher(s)Bethesda SoftworksSeriesWolfensteinPlatform(s)Microsoft WindowsPlayStation 4ReleaseJuly 26, 2019Genre(s)First-person shooterMode(s)Single-player Wolfenstein: Cyberpilot is a first-person shooter video game developed by Arkane Lyon in conjunction with MachineGames and published by Bethesda Softworks. A spin-off in the Wolfenstein series, Cyberpilot is a virtual reality experience. The game was released for Window…

M1 Abrams M1A2 Abrams Angkatan Darat A.S. dengan paket produksi KOREN terpasang Jenis Tank tempur utama Negara asal  Amerika Serikat Sejarah pemakaian Masa penggunaan 1980–koren Sekarang Digunakan oleh  Amerika Serikat Mesir Arab Saudi Kuwait Australia Irak Polandia Maroko Taiwan Pada perang Perang Teluk Perang KosovoPerang Afghanistan Perang Irak Perang Saudara Suriah Sejarah produksi Perancang Chrysler Defense (sekarang Ge…

Stemma della Royal Jersey Agricultural & Horticultural Society. La Royal Horticultural Society è un'istituzione di orticultura fondata nel Regno Unito nel 1804 come Horticultural Society of London e ribattezzata con il nome attuale nel 1864 in seguito ad un Royal Charter. Attualmente è una delle più famose organizzazioni mondiali dedite all'orticultura e la più importante organizzazione senza scopo di lucro legata al mondo del giardinaggio della Gran Bretagna. La società gestisce quattr…

The topic of this article may not meet Wikipedia's notability guidelines for products and services. Please help to demonstrate the notability of the topic by citing reliable secondary sources that are independent of the topic and provide significant coverage of it beyond a mere trivial mention. If notability cannot be shown, the article is likely to be merged, redirected, or deleted.Find sources: Pro Kishi Jinsei Simulation: Shōgi no Hanamichi – news · newspapers · …

Empat jilid seri dari Tafsir Al-Baghawi dalam bahasa Arab (Terbitan Darul Ma'rifah, Libanon). Ma'alimut Tanzil (Bahasa Arab:معالم التنزيل) atau lebih dikenal sebagai Tafsir al-Baghawi, sebuaht tafsir Al-Qur'an klasik yang disusun oleh Imam Husain bin Mas'ud Al-Baghawi (w. 1122 M), ditulis sebagai ringkasan dari tafsir milik Ahmad bin Muhammad Ats-Tsa'labi (w. 1035 M). Saat ini tersedia dalam empat jilid terbitan Libanon dan delapan jilid terbitan Kairo. Lihat pula Daftar teks Islam P…

Stasiun Hachigata鉢形駅Stasiun Hachigata pada April 2021Lokasi16-1 Hachigata, Yorii, Ōsato, Saitama(大里郡寄居町鉢形16-1)JepangOperator Tobu RailwayJalur Jalur Tobu TojoLetak73.5 km dari IkebukuroJumlah peron1 peron pulauJumlah jalur2Informasi lainKode stasiunTJ-36Situs webwww.tobu.co.jp/station/info/7507.htmlSejarahDibuka10 Juli 1925Dibangun kembali2015PenumpangFY20141,085 perhari Lokasi pada petaStasiun HachigataLokasi di JepangSunting kotak info • L • BBantuan pe…

2010 novel by Johanna Skibsrud The Sentimentalists First editionAuthorJohanna SkibsrudGenrenovelPublisherGaspereau Press,Douglas & McIntyreW.W. Norton & Co.Publication date2010, 1st American ed. in 2011Pages216 pagesAwards2010 Scotiabank Giller PrizeISBN9781553658955OCLC687886506 The Sentimentalists is a novel by Canadian writer Johanna Skibsrud that was the winner of the 2010 Scotiabank Giller Prize.[1][2] Synopsis The novel's protagonist is an unnamed young woman, who s…

Artikel ini tidak memiliki referensi atau sumber tepercaya sehingga isinya tidak bisa dipastikan. Tolong bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu.Cari sumber: Jesús Manuel Corona – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR Jesús Manuel Corona Piala Dunia Antarklub FIFA 2012Informasi pribadiNama lengkap Jesús Manuel CoronaTanggal lahir 6 Januari 1993 (u…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Oktober 2022. Artikel ini perlu diwikifikasi agar memenuhi standar kualitas Wikipedia. Anda dapat memberikan bantuan berupa penambahan pranala dalam, atau dengan merapikan tata letak dari artikel ini. Untuk keterangan lebih lanjut, klik [tampil] di bagian kanan. Mengga…

George Emerson LeachLeach saat menjabat sebagai Militia Bureau ChiefLahir(1876-07-14)14 Juli 1876Cedar Rapids, IowaMeninggal17 Juli 1955(1955-07-17) (umur 79)Los Angeles, CaliforniaDikebumikanFort Snelling National CemeteryPengabdian Amerika SerikatDinas/cabang United States ArmyLama dinas1905–1941Pangkat MayjenKomandan151st Field Artillery Regiment56th Field Artillery BrigadeNational Guard Bureau34th Infantry DivisionPerang/pertempuranEkspedisi Pancho VillaPerang Dunia IPerang …

GrassPoster rilis teatrikalNama lainHangul풀잎들 Alih Aksara yang DisempurnakanPul-ip-deul SutradaraHong Sang-sooProduserHong Sang-sooDitulis olehHong Sang-sooPemeranKim Min-heeJung Jin-youngGi Ju-bongPenata musikAndrew OrkinSinematograferKim Hyung-kooPenyuntingSon Yeon-jiPerusahaanproduksiJeonwonsa FilmDistributorJeonwonsa FilmContents PandaMovementTanggal rilis 16 Februari 2018 (2018-02-16) (Berlin) 25 Oktober 2018 (2018-10-25) (Korea Selatan) Durasi66 menitNeg…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Desember 2023. Berikut adalah daftar kota di Sardinia: Wilayah metropolitan Cagliari Termasuk Quartu Sant'Elena, Selargius, Assemini, Capoterra, Monserrato, Sestu, Sinnai, Quartucciu, Maracalagonis dan Elmas. Sassari Termasuk Alghero, Castelsardo, Porto Torres, Sennori…

Peta infrastruktur dan tata guna lahan di Komune Courances.  = Kawasan perkotaan  = Lahan subur  = Padang rumput  = Lahan pertanaman campuran  = Hutan  = Vegetasi perdu  = Lahan basah  = Anak sungaiCourancesNegaraPrancisArondisemenÉvryKantonMilly-la-ForêtAntarkomuneCC de la Vallée de l'ÉcoleKode INSEE/pos91180 /  Courances merupakan sebuah desa kecil dan komune di département Essonne, di region Île-de-France di Prancis. Demografi Menurut sensus …

Dromaeosaurinae Periode Kapur Awal-Kapur Akhir~139–66 jtyl PreЄ Є O S D C P T J K Pg N Kemungkinan catatanTithonian dan garis keturunan hantu dari Kimmeridgian Dromaeosaurinae Tengkorak rekonstruksi DromaeosaurusTaksonomiDivisiManiraptoriformesSubdivisiManiraptoraKladPennaraptoraKladParavesInfradivisiDeinonychosauriaFamiliDromaeosauridaeSubfamiliEudromaeosauriaTribusDromaeosaurinae Matthew dan Brown, 1922 Genera †Achillobator? †Boreonykus? †Dakotaraptor? †Deinonychus? †Dromaeo…

Artikel ini membutuhkan rujukan tambahan agar kualitasnya dapat dipastikan. Mohon bantu kami mengembangkan artikel ini dengan cara menambahkan rujukan ke sumber tepercaya. Pernyataan tak bersumber bisa saja dipertentangkan dan dihapus.Cari sumber: Hōjō Tokimasa – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR Dalam artikel ini, nama keluarganya adalah Hōjō. Hōjō Tokimasa北条 時政Hōjō Tokimasa, Gubernur Provinsi Sagami di Dai Nihon Rokujūyo…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada November 2022. Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Oktober 2022. Farn-Sasa…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Desember 2023. Juliana dos Santos (lahir 23 Juli 1984)[1] adalah seorang wanita Timor Leste yang dikenal karena diculik oleh milisi pro-Indonesia Laksaur dan dibawa ke Timor Barat yang menjadi bagian wilayah Republik Indonesia tak lama setelah Referendum T…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala. Air mancur minum Air mancur minum adalah sebuah air mancur yang dirancang untuk menyediakan air minum. Ini terdiri dari sebuah cekungan dengan air mengalir atau sebuah keran. Riwayat Air mancur minum pertama yang dipasang oleh Metropolitan Free Drinking Fountain Association Sebelum air kend…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Desember 2022. Baca definisi kata bakmenurut KBBI. Bak dapat mengacu pada beberapa hal berikut: kata depan untuk menyatakan perbandingan; bagaikan, kotak besar, tinta cina (hitam warnanya), tiruan bunyi tamparan (pukulan dan sebagainya); debak, Bak - marga korea Bak ma…

Bandar Udara Internasional RabilIATA: BVCICAO: GVBAInformasiJenisSipilPengelolaAeroportos Seguranca Area (ASA)LokasiBoa VistaZona waktuUTC-1Koordinat{{{coordinates}}} Bandar Udara Rabil (Portugis: Aeroporto de Rabilcode: pt is deprecated ) (IATA: BVC, ICAO: GVBA) adalah sebuah bandara di Tanjung Verde yang terletak di Pulau Boa Vista, sekitar 5 km tenggara ibu kota pulau Sal Rei. Kode IATA memiliki arti Boa Vista, Cape Verde, dan dua huruf terakhir di kode ICAO adalah Boa Vista. Bandar…

Kembali kehalaman sebelumnya