KPH Sukabumi

A. SEKILAS KPH SUKABUMI

1. Sejarah Pembentukan KPH Sukabumi

Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi pada periode 1952 -1957 merupakan bagian dari pengelolaan kawasan hutan provinsi Jawa Barat yang saat itu di bawah pengelolaan Jawatan Kahutanan Jawa Barat, meliputi Kawasan Hutan Cianjur Barat. Berdasarkan PP No. 64 Tahun 1957 Pasal 8 Ayat 1 Pemangkuan Hutan diserahkan Kepada Pemerintah Daerah Suwantantra TK. I sejaka tahun 1957 - 1978, daerah hutan diubah menjadi Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), sedangkan Kepala Sub Daerah Hutan (KSDH) diubah menjadi Kepala Sub Kesatuan Pemangkuan Hutan (KSKPH). Wilayah hutan Cianjur Barat dimasukan kedalam kawasan Pemangkuan Hutan Cianjur. Berdasarkan PP No.2 Tahun 1978, maka seluruh wilayah Dinas Kehutanan DT.I Jawa Barat ditetapkan sebagai Unit Produksi Perum Perhutani Jawa Barat, sedangkan sebutan Kepala Kesatuan Pemangkuan Hutan (KKPH) berubah menjadi Administratur Perum Perhutani/Kepala Kesatuan Pemangkuan Hutan. Perum Perhutani sebagai Badan Usaha Milik Negara keberadaanya diatur oleh peraturan pemerintah No.53/1999 (perubahan dari PP 36/1986), diberi tugas untuk mengelola kawasan hutan negara (Hutan Lindung dan Hutan Produksi) di Jawa Tengan (Unit I), Jawa Timur (Unit II), dan Jawa Barat (Unit III). Pada tahun 2001 berdasarkan PP No.14 Tahun 2001 status Perum Perhutani berubah menjadi Perusahaan Perseroan Terbatas (PT). Terakhir status Perhutani berubah lagi menjadi Perum Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.30 Tahun 2003 Tentang Perum Perhutani. Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi sebagai satu unit pengelolaan Perum Perhutani Unit III Jawa Barat wilayah kerjanya meliputi hutan lindung dan hutan produksi yang ada di Kabupaten Sukabumi.

B. Keadaan Umum KPH Sukabumi

1. Kawasan Hutan KPH Sukabumi

KPH Sukabumi sebagai salah satu satuan kerja pada Badan Usaha Milik Negara diberi wewenang untuk mengelola hutan di Kabupaten Sukabumi sebagaimana diamanatkan dalam PP. No. 30 Tahun 2003, Tentang Perum Perhutani dengan luas kawasan hutan berdasarkan SK. Menhut No.195 seluas 78,125,18 Ha, dengan perincian luas kawasan hutan berdasarkan fungsinya sebagai berikut:

  • Hutan Produksi = 18.462,53 Ha
  • Hutan Produksi Terbatas = 39.261,21 Ha
  • Hutan Konservasi = 20.401,44 Ha

Dengan adanya SK. Menhut Nomor 174 dan 175 Tahun 2003, Tentang Perluasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango di BKPH Cicurug seluas 9.490,55 Ha, BKPH Gede Barat seluas 3.807.53 Ha, dan BKPH Palabuhanratu seluas 7.103,36 Ha masuk rencana Perluasan Taman Nasional tersebut. Sehingga luas kawasan yang efektif dikelola Perum Perhutani KPH Sukabumi nantinya seluas 58.385.26 Ha. Pengurangan luas Definitif wilayah tersebut masih menunggu pengukuran batas dan serah terima fisik. Berdasarkan kesesuaian lahan kawasan hutan KPH Sukabumi dibagi dalam 2 (dua) kelas Perusahaan, yaitu: Sedangkan bedasarkan wilayah pengelolaan, dibagi menjadi 2 (dua) Sub KPH (SKPH), dengan perincian sebagai berikut:   a. SKPH Sukabumi Barat - BKPH Palabuhanratu & Cicurug = 8.383,00 Ha - BKPH Cikawung & Gede Barat = 8.386,85 Ha Jumlah = 16.769,85 Ha b. SKPH Sukabumi Timur - BKPH Sagaranten = 8.163,57 Ha - BKPH Bojonglopang = 6.612,11 Ha - BKPH Lengkong = 14.986,55 Ha - BKPH Jampang Kulon = 11.853,18 Ha Jumlah = 41.615,41 Ha Blok Cirohani = 311,44 Ha TOTAL = 58.696,70 Ha Potensi Sumber Daya Hutan yang berada di wilayah KPH Sukabumi pada dasarnya belum tergali secara optimal dan selama ini 80% masih tergantung pada kayu sebagai sumber utama pendapatan. Sementara Potensi Sumber Daya Hutan lainnya seperti Galian C dan air serta Potensi Hutan Alam Sekunder yang masih utuh untuk dijadikan Area Carbone Trade.Dari Objek Wisata yang ada di wilayah KPH Sukabumi, 5 (lima) objek diserahkan pengelolaannya ke GM WBU, objek wisata yakni Bumi Perkemahan Cipelang, Bumi Perkemahan Curugsawer, Bumi Perkemahan dan Curugpilung belum memberikan kontribusi yang optimal, serta masih banyak potensi alam yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai objek wisata dan mempunyai nilai jual tinggi.Secara umum Potensi sumber Daya Alam yang ada di KPH Sukabumi adalah sebagai berikut: a. Kayu, Terdiri dari Jati, Pinus, Damar, Mahoni, Rasamala, Sonokeling, Accacia Mangium, Albazia, dan Kayu Rimba Lainnya. b. Non Kayu, terdiri dari Getah Pinus, Getah Damar (Kopal), Minyak Kayu Putih, Rotan, dan Lainnya. c. Komoditas Pertanian dari PHBM, antara lain: Kapolaga, Vanili, dan lainnya. d. Bahan Galian, berupa Batu Hijau, Batu Templek, Galena, Emas, dan lainnya. e. Air f. Objek Wisata.

2. Kondisi Wilayah Kabupaten Sukabumi

1. Kondisi Geografis

Kabupaten Sukabumi secara geografis berada antara 60 57’ Lintang Selatan dan 1060 00’ Bujur Timur dengan luas daerah 4.200 Km2 atau 9.18% dari luas Provinsi Jawa Barat (dengan Banten) atau 3,01% DARI LUAS Pulau Jawa. Dari tata letak Kabupaten Sukabumi berada:

  • Sebelah Utara, berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi
  • Sebelah Selatan, berbatasan dengan Samudera Indonesia
  • Sebelah Barat, berbatasan dengan Provinsi Banten
  • Sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Cianjur

Sedangkan Ibu Kota Kabupaten Sukabumi berada di Kecamatan Palabuhanratu, meskipun sebagian besar Kantor Pemerintahan masih berada di Kecamatan Cisaat. Bentuk Topografi Wilayah Kabupaten Sukabumi pada umumnya meliputi permukaan yang bergelombang di daerah bagian selatan dan bergunung di daerah bagian utara dan tengah. Dengan adanya daerah pantai dan gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 2.958 M DPL menyebabkan keadaan lereng sangat miring (lebih dari 350) meliputi 29% dari luas wilayah Kabupaten Sukabumi, Kemiringan antara 130 – 350 meliputi 37% dan kemiringan 20 – 130 meliputi 21% dari luas Kabupaten Sukabumi dan sisanya 3% merupakan daerah datar. Kondisi tersebut mengakibatkan beberapa daerah Kabupaten Sukabumi merupakan daerah Rawan Longsor. Bila diamati dari potensi sumber air, maka sumber daya air yang ada di Kabupaten Sukabumi cukup melimpah, hal ini ditunjukan dengan banyaknya aliran sungai (seperti sungai Cimandiri dan anak-anak sungainya, Cipelang, Cicatih, Citarik, Cibodas, Cidadap, Ciletuh, Cikarang, Cikaso, dan Cibuni) yang mengalir di wilayah Sukabumi. Dari aspek kemampuan tanah (kedalaman tanah dan tekstur) daerah Kabupaten Sukabumi sebagian besar masuk dalam kategori Tanah Sedang (tanah lempung), dengan kedalaman dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) golongan besar, yaitu Sangat Dalam (lebih dari 90 Cm) dan Kurang Dalam (kurang dari 90 Cm) Golongan Kedalaman tanah sangat dalam tersebar di bagian Utara, sedangkan kedalaman tanah kurang dalam tersebar di bagian Tengah dan Selatan, hal ini mengakibatkan di bagian Utara lebih subur disbanding wilayah bagian Selatan. Rata-rata hujan per tahun sekitar 2.987 mm dari 160 hari hujan, suhu udara berkisar antara 180 – 300 C, dengan suhu rata-rata 260. kelembaban rata-rata sebesar 85%, sedangkan potensi geologis antara lain sumber panas bumi di daerah Gunung Salak dan Cisolok, bahan tambang dan bahan galian emas, perak, galena, batu bara, pasir kuarsa, marmer, pasir besi, bentonit, dan lain-lain. Jenis tanah di bagian Utara umumnya terdiri dari jenis tanah Latosol, Andosol dan Regosol, di bagian Tengah umumnya terdiri dari tanah latosol dan podsolik, sedangkan di bagian Selatan sebagian terdiri dari tanah laterit, grumosol, podsolik, dan alluvial.

2. Demografis

Secara administratif Kabupaten Sukabumi terdiri dari 45 Kecamatan, 339 Desa, 3 Kelurahan. Dari 339 desa sebanyak 142 desa diantaranya berada atau berbatasan dengan kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani KPH Sukabumi. Jumlah penduduk di Kabupaten Sukabumi Tahun 2005 sebanyak 2.453.452 jiwa terdiri dari 1.259.129 laki-laki dan 1.104.323 jiwa perempuan dengan jumlah yang berkeluarga sebanyak 1.696.325 kk.

3. Luas Wilayah

Secara keseluruhan Kabupaten Sukabumi memiliki luas 412.799,54 Ha, terdiri dari:

C. Realisasi Kegiatan Tahun 2007

1. Bidang Pembinaan Hutan

KPH Sukabumi, Setiap tahun secara berkesinambungan melaksanakan kegiatan pembinaan hutan mulai dari persemaian sampai dengan perawatan hutan, baik yang rutin (reguler) maupun pembangunan (Rehabilitasi lahan kritis). Upaya ini lebih diefektifkan dengan adanya komitmen Perhutani Hijau 2010. Implementasi dari kegiatan Pembinaan hutan tersebut seperti terlihat di bawah ini: 1. Persemaian - Benih

- Bibit

Plc = Places Btg = Batang   2. Tanaman Aplikasi dari pengadaan benih dan bibit adalah pelaksanaan tanaman Tahun ke I (Tahun 2007), dengan pola tanam Tumpang Sari (TS) dan Banjar Harian rincian kegiatan sebagai berikut: 1. Tahun ke I

2. Tahun ke II

3. Tahun ke III

4. Tahun ke IV-V

5. Perawatan

3. Bidang Pemanfaatan Hasil Hutan Pemanfaatan Hasil Hutan atau proses pemanenan Hasil hutan baik Kayu maupun Non Kayu, dilakukan oleh Perum Perhutani KPH Sukabumi berdasarkan: 1. RPKH/PDE (Rencana Pengaturan Kelestarian Hutan/Pengolahan Data Elektronik) dengan jangka 10 Tahun 2. RKL (Rencana Kerja Lima Tahun) 3. RTT (Rencana Teknik Tahunan) Untuk Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dibagi menjadi: 1. Tebangan A Proses Pemanenan Hasil hutan Kayu berdasarkan Etat baik luas maupun volume 2. Tebangan B Proses Pemanenan Hasil Hutan Kayu untuk Rehabilitasi (Tebang Tanam) 3. Tebangan C Proses Pemanenan Hasil Hutan Kayu untuk mengubah status hutan menjadi kawasan lain 4. Tebangan D Proses Pemanenan tak terduga, ini disebabkan karena bencana alam, kebakaran, dan lain-lain. 5. Tebangan E (Penjarangan) Proses Pemanenan Hasil Hutan Kayu untuk tindakan silvi kultur guna untuk mendapatkan tegakan yang diharapkan pada akhir daur. Adapun realisasi Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dan Non Kayu pada Tahun 2007 adalah sebagai berikut: 1. Hasil Hutan Kayu

2. Hasil Hutan Bukan Kayu Paradigma Forest Timber Management, sudah lama ditinggalkan oleh Perhutani tak terkecuali di KPH Sukabumi 1. Getah Pinus Produk Getah Pinus Andalan Unit III Jawa Barat adalah di KPH Sukabumi yang menyuplai lebih dari 30% setiap tahunnya. Adapun realisasi untuk Tahun 2007 adalah 2.840,964 Ton dari Rencana 2.841 Ton 2. Getah Damar Salah satu produk yang sempat jadi primadona KPH Sukabumi dengan menyuplai 20% kebutuhan Indonesia. Kini KPH Sukabumi mulai merintis lagi untuk menjadi pemasok getah damar dengan merencanakan Tanaman seluas ± 5.000 Ha yang tersebar di dua Wilayah yaitu BKPH Bojonglopang dan Lengkong. Adapun untuk Tahun 2007 realisasi produksi Getah Damar adalah 9,202 Ton 3. Kayu Putih Sudah sejak Tahun 1979 Perhutani mendirikan industri Pengelolaan Kayu Putih yang terletak di BKPH Sagaranten. Kegiatan pengelolaan mulai pemungtan daun sampai penyulingan menjadi Minyak Kayu Putih. Realisasi pemungutan Daun Kayu Putih untuk Tahun 2007 adalah 566,479 Ton

  4. Non Kayu Lain

4. Bidang Keamanan


5. Bidang PHBM/PKBL Implementasi PHBM di KPH Sukabumi dan wilayah Kabupaten Sukabumi, secara umum sudah menjadi sistem dalam pengelolaan sumber daya hutannya walaupun belum semua bidang menerapkan PHBM. Namun PHBM sudah menjadi bagian terpenting dalam pengelolaan sumber daya hutan dan pembangunan wilayah secara umum. Rencana implementasi PHBM berdasarkan RKL 2007 – 2011 sebagai berikut:

Realisasi sampai dengan akhir tahun 2007


  Inventarisasi Desa Hutan Wilayah Kerja Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten KPH Sukabumi



  HASIL PANEN PALAWIJA DARI TUMPANG SARI TAHUN 2007 KPH SUKABUMI

Read other articles:

Ahmad Shah Qajar Shahanshah iranBerkuasa1909–1925PendahuluMohammad Ali Shah QajarPenerusReza ShahKelahiran(1898-01-21)21 Januari 1898Tabriz, Azerbaijan, PersiaKematian21 Februari 1930(1930-02-21) (umur 32)Neuilly-sur-Seine, Paris, PrancisNama lengkapSoltan Ahmad Shah QajarAyahMohammad Ali ShahIbuMalekeh JahanAgamaIslam Syiah Ahmad Shāh Qājār (21 Januari 1898 – 21 Februari 1930) adalah Shah Persia (sekarang Iran) dari 16 Juli 1909, dari 31 Oktober 1925, dan penguasa terakhir dari dina…

Bloom BloomAlbum singel karya The BoyzDirilis29 April 2019 (2019-04-29)GenreK-popDanceBaladaDurasi10:53BahasaKoreaLabelCre.ker EntertainmentKakao MKronologi The Boyz The Only(2018) Bloom Bloom(2019) Dreamlike(2019) Singel dalam album Bloom Bloom Bloom BloomDirilis: 29 April 2019 Bloom Bloom adalah album singel kedua oleh grup vokal pria Korea Selatan The Boyz. Singel ini dirilis pada 29 April 2019 melalui Cre.ker Entertainment. Singel ini terdiri dari tiga lagu. Latar belakang The Boyz …

Series of U.S. Supreme Court cases The Insular Cases are a series of opinions by the Supreme Court of the United States in 1901 about the status of U.S. territories acquired in the Spanish–American War.[1] Some scholars also include cases regarding territorial status decided up until 1914, and others include related cases as late as 1979. The term insular signifies that the territories were islands administered by the War Department's Bureau of Insular Affairs. Today, the categorizatio…

Karanya Lutjanus cyanopterus Status konservasiRentanIUCN12417 TaksonomiKerajaanAnimaliaFilumChordataKelasActinopteriOrdoLutjaniformesFamiliLutjanidaeGenusLutjanusSpesiesLutjanus cyanopterus Cuvier, 1828 Tata namaSinonim takson Mesoprion cyanopterus G. Cuvier, 1828 Mesoprion pargus G. Cuvier, 1828 Lutjanus cubera Poey, 1871[1] lbs Karanya (Lutjanus cyanopterus; Portugis: Caranhacode: pt is deprecated ) adalah sejenis ikan kakap yang berasal dari kawasan Atlantik Barat. Ikan ini adalah ika…

Penghargaan Film Nasional untuk Penyutradaraan TerbaikJenisNasionalKategoriSinema IndiaDeskripsiKesempurnaan karya penyutradaraan sinematikDiinstitusikan1967Penghargaan pertama1967Penghargaan terakhir2014Total yang diberi penghargaan48Dianugerahi olehDirektorat Festival FilmBiaya penghargaan₹ 2,50,000/-MedaliSwarna Kamal (Teratai Emas)Nama sebelumnyaPenghargaan untuk kesempurnaan dalam penyutradaraan (1967 - 1976)Penerima pertamaSatyajit RayPenerima saat iniSrijit Mukherji Pengh…

Pandemi koronavirus 2020 di BoliviaPeta penyebaran di Bolivia menurut departemen (hingga 3 Mei 2020[update])   200+ kasus terkonfirmasi   100–199 kasus terkonfirmasi   50–99 kasus terkonfirmasi   10–49 kasus terkonfirmasi   1–9 kasus terkonfirmasiPenyakitCOVID-19Galur virusSARS-CoV-2LokasiBoliviaKasus pertamaOruro dan Santa CruzTanggal kemunculan10 Maret 2020 (3 tahun, 11 bulan dan 21 hari)AsalSpanyol, Ame…

Ini adalah nama Melayu; nama Sulaiman merupakan patronimik, bukan nama keluarga, dan tokoh ini dipanggil menggunakan nama depannya, Shahdan. Kata bin (b.) atau binti (bt.), jika digunakan, berarti putra dari atau putri dari. Shahdan Sulaiman Informasi pribadiNama lengkap Shahdan bin SulaimanTanggal lahir 9 Mei 1988 (umur 35)Tempat lahir SingaporeTinggi 180 m (590 ft 6+1⁄2 in)Posisi bermain MidfielderInformasi klubKlub saat ini Lion City SailorsNomor 8Karier junior2000…

Queen of France (1491–1498; 1499–1514) and Duchess of Brittany (1488–1514) Anne de Bretagne redirects here. For the rock opera, see Anne de Bretagne (rock opera). AnneMiniature depiction in the Great Hours of Anne of Brittany, by Jean Bourdichon (c. 1503-1508)Duchess of BrittanyReign9 September 1488 – 9 January 1514Enthronement10 February 1489PredecessorFrancis IISuccessorClaudeQueen consort of GermanyTenure19 December 1490 – 15 February 1492Queen consort of FranceTenure6 December 1491…

For health conditions encountered during spaceflight Dan Burbank and Anton Shkaplerov participate in a medical contingency drill in the Destiny laboratory of the International Space Station. This drill gives crew members the opportunity to work as a team in resolving a simulated medical emergency on board the space station.[1] Space medicine is an area in aerospace medicine that focuses on the medical care of astronauts and spaceflight participants. The spaceflight environment poses many…

1947 Western Australian state election ← 1943 15 March 1947 (1947-03-15) 1950 → All 50 seats in the Western Australian Legislative Assembly26 Assembly seats were needed for a majority   First party Second party   Leader Ross McLarty Frank Wise Party Liberal/Country coalition Labor Leader since 14 December 1946 31 July 1945 Leader's seat Murray-Wellington Gascoyne Last election 17 seats 30 seats Seats won 25 seats 23 seats Seat…

Christopher Nkunku Nkunku bersama RB Leipzig pada 2020Informasi pribadiNama lengkap Christopher Alan NkunkuTanggal lahir 14 November 1997 (umur 26)Tempat lahir Lagny-sur-Marne, PrancisTinggi 175 cm (5 ft 9 in)[1]Posisi bermain Gelandang, penyerang[2]Informasi klubKlub saat ini ChelseaNomor 18Karier junior2003–2009 AS Marolles2009–2010 Fontainebleau2010–2015 Paris Saint-GermainKarier senior*Tahun Tim Tampil (Gol)2015–2016 Paris Saint-Germain B 27 (5)201…

██Anggota Perbara ██Pengamat Perbara ██Calon anggota Perbara ██Perbara Plus Tiga ███Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur ██████ Forum Regional Perbara Pada 2010 Perbara (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) memiliki 10 negara anggota, satu calon negara anggota, dan satu negara pengamat. Perbara didirikan pada 8 Agustus 1967 dengan lima anggota awal yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Daftar Daftar ini merupakan negara-negara anggota…

Stasiun Pasoso Akses Masuk/Keluar Gerbang Terminal Peti Kemas di Stasiun Pasoso, 2022LokasiKompleks Pelabuhan Tanjung PriokTanjung Priok, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI JakartaIndonesiaKoordinat6°6′33.120″S 106°52′59.992″E / 6.10920000°S 106.88333111°E / -6.10920000; 106.88333111Koordinat: 6°6′33.120″S 106°52′59.992″E / 6.10920000°S 106.88333111°E / -6.10920000; 106.88333111Ketinggian+4 mOperator KAI Logistik Jumlah peron…

This article is about a town in Colombia. For the district in Costa Rica, see San José de la Montaña District. This article does not cite any sources. Please help improve this article by adding citations to reliable sources. Unsourced material may be challenged and removed.Find sources: San José de la Montaña – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (December 2009) (Learn how and when to remove this template message) Municipality and town in Anti…

This article relies excessively on references to primary sources. Please improve this article by adding secondary or tertiary sources. Find sources: Faulu Microfinance Bank Limited – news · newspapers · books · scholar · JSTOR (August 2017) (Learn how and when to remove this template message) Faulu Microfinance Bank LimitedCompany typePrivate SubsidiaryIndustryBanking and FinanceFounded1991HeadquartersNairobi, KenyaKey peopleApollo N. Njoroge Managing Dir…

Shadow Minister without PortfolioIncumbentNick Thomas-Symondssince 4 September 2023Shadow CabinetAppointerLeader of the OppositionWebsiteThe Labour Party The Shadow Minister without Portfolio is a member of the Official Opposition Shadow Cabinet. The postholder shadows the Minister without portfolio. The position is currently held by Nick Thomas-Symonds, Labour MP for Torfaen. He was appointed to the role in September 2023 by Keir Starmer, succeeding Conor McGinn. List of Shadow Ministers w…

† Человек прямоходящий Научная классификация Домен:ЭукариотыЦарство:ЖивотныеПодцарство:ЭуметазоиБез ранга:Двусторонне-симметричныеБез ранга:ВторичноротыеТип:ХордовыеПодтип:ПозвоночныеИнфратип:ЧелюстноротыеНадкласс:ЧетвероногиеКлада:АмниотыКлада:СинапсидыКл…

The Sword with No NamePoster teatrikalSutradaraKim Yong-GyunProduserPark Min-Hee Kim Mi-HeeDitulis olehYa Suk-Rok Lee Sook-YunPemeranJo Seung-wooSoo-aeSinematograferKim Myung-JoonDistributor Showbox Mediaplex Tanggal rilis 24 September 2009 (2009-09-24) Durasi124 menitNegaraKorea SelatanBahasaBahasa KoreaThe Sword with No Name (Hangul: 불꽃처럼 나비처럼; RR: Bulkkotcheoreom Nabicheoreom; MR: Pulkkotch‘ŏrŏm Nabich‘ŏrŏm; terjemahan Like Firew…

List by the U.S. National Trust for Historic Preservation The John Osterman Gas Station in Peach Springs, Arizona, included on the 2023 list America's 11 Most Endangered Places or America's 11 Most Endangered Historic Places is a list of places in the United States that the National Trust for Historic Preservation considers the most endangered. It aims to inspire Americans to preserve examples of architectural and cultural heritage that could be relegated to the dustbins of history without inter…

US Navy Admiral William F. MoranMoran in September 2016Born1958 (age 65–66)[1]New York, USService/branchUnited States NavyYears of service1981–2019RankAdmiralCommands heldVice Chief of Naval OperationsChief of Naval PersonnelPatrol and Reconnaissance Wing 2Patrol Squadron 46AwardsNavy Distinguished Service Medal (2)Defense Superior Service MedalLegion of Merit (5) William Francis Moran (born 1958)[2] is a United States Navy admiral who served as the 39th Vice Ch…

Kembali kehalaman sebelumnya