Mobile Suit Gundam F91

Mobile Suit Gundam F91
GenreDrama, Mecha, Militer
Anime
SutradaraYoshiyuki Tomino
StudioSunrise
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Mobile Suit Gundam F91 (機動戦士ガンダムF91, Kidō Senshi Gandamu F91) adalah sebuah film animasi Jepang yang dibuat oleh Yoshiyuki Tomino. Ia kembali bekerja sama dengan Yoshikazu Yasuhiko sebagai pendesain karakter dan Kunio Okawara sebagai pendesain mecha. Film ini pertama kali dirilis di Jepang pada tanggal 16 Maret 1991.

Plot

Film ini berlatar 30 tahun setelah peristiwa Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack dan tidak ada karakter yang sebelumnya muncul dalam seri yang hadir dalam film tersebut. Pada tahun UC 0123, lengan militer Cosmo Babylonia, Crossbone Vanguard, menyerang koloni Federasi Bumi Perbatasan IV. Mekanik pelajar Seabook Arno dan temannya Cecily Fairchild terjebak di tengah pertempuran karena garnisun Federasi dengan cepat kewalahan. Seabook dan Cecily memimpin sekelompok pengungsi ke tingkat bawah koloni, di mana mereka bertemu dengan ayah Seabook, Leslie. Saat kelompok itu menaiki sekoci, Seabook melihat ayah Cecily, Theo, mencoba menculiknya dan mencoba campur tangan. Namun, Crossbone Vanguard datang dan mengambil Cecily, yang sebenarnya Berah Ronah, bagian dari keluarga Ronah yang menjadi pemimpin di balik Cosmo Babylonia. Seabook terpaksa mundur ke sekoci sementara Leslie tetap tinggal untuk membantu anak yang hilang. Cecily dibawa untuk bertemu ayah kandungnya Carozzo dan kakek Meitzer, yang keduanya bermimpi menggulingkan Federasi Bumi yang korup dan menggantinya dengan aristokrasi yang lebih adil.

Cecily enggan bergabung dengan mereka, tetapi merasa tidak punya pilihan. Sementara itu, sekoci berhasil mencapai koloni tetangga Frontier I, tetapi juga diserang oleh Crossbone Vanguard. Kelompok Seabook kemudian menemukan Space Ark , sebuah kapal pelatihan Federasi yang membawa Gundam F91 yang tidak beroperasi Karena kebingungan yang disebabkan oleh serangan mendadak Crossbone Vanguard, Space Arkdijalankan oleh kru kerangka yang hampir tidak berpengalaman tanpa pilot yang tersedia. Ditekan ke dalam layanan Federasi, Seabook bekerja untuk memperbaiki F91 dan menemukan bahwa itu dikembangkan oleh ibunya, Monica. Para kru mampu memperbaiki F91 tepat pada waktunya untuk mengusir serangan Crossbone Vanguard, memaksa mereka untuk mundur.

Seabook kemudian menggunakan F91 untuk kembali ke Frontier IV, di mana Cosmo Babylonia telah memperbaiki sebagian besar kerusakan koloni dan telah menempatinya sepenuhnya. Dia menyusup ke tanah Ronah dan melakukan kontak dengan Cecily. Namun, dia terpaksa melarikan diri tanpa dia ketika penjaga mengejarnya. Leslie membantu Seabook melarikan diri dari Frontier IV, tetapi dia menderita cedera kepala yang fatal dalam prosesnya dan meninggal dalam perjalanan kembali ke Frontier I. Cecily bergabung dengan Crossbone Vanguard di bawah komando Zabine Chareux. Dia membantu melatih Cecily untuk menjadi pilot mobile suit dan memperingatkan dia bahwa ada beberapa faksi dalam Cosmo Babylonia bekerja melawan kepentingan satu sama lain, dengan satu faksi bekerja pada superweapon rahasia dengan kode nama "Bug". Seabook kembali ke Perbatasan I, di mana dia kembali dipaksa oleh Federasi untuk membantu mempertahankan koloni dari serangan yang akan datang oleh Crossbone Vanguard. Sebaliknya, Seabook dan awak kapal Space Ark diam-diam memutuskan untuk meninggalkan dan melarikan diri ke Bulan. Cecily diberi mobile suit Vigna Ghina tingkat lanjut dan menemani Crossbone Vanguard saat mereka menerobos ke Frontier I. Setelah pertempuran singkat namun intens, Crossbone Vanguard sekali lagi dipaksa untuk mundur. Seabook bertemu Cecily dalam pertempuran dan dia memutuskan untuk membelot setelah menemukan teman-temannya masih hidup. Carozzo kemudian tiba di Perbatasan I dan menyebarkan Bugs, mesin perang otomatis yang dirancang khusus untuk memburu manusia. Dia percaya bahwa populasi Bumi harus dibersihkan untuk melestarikan lingkungannya, dan bermaksud menggunakan Perbatasan I sebagai tempat pengujian bagi Bug. Seabook dan Cecily bekerja sama untuk menghancurkan Bug, dengan Cecily menghancurkan induk mereka. Marah, Carozzo menggunakan baju besi bergeraknya sendiri, Rafflesia, dan bertarung melawan Seabook dan Cecily. Vigna Ghina dihancurkan, mendepak Cecily ke luar angkasa dan Seabook menghancurkan Rafflesia sebagai tanggapan. Zabine tiba di tempat kejadian, tetapi memutuskan untuk menyelamatkan Seabook dan Space Ark karena ketidaksetujuannya atas penggunaan Bug dan Rafflesia oleh Carozzo. Setelah pencarian putus asa, Seabook dapat menemukan dan menyelamatkan Cecily saat Space Ark tiba untuk menjemput mereka.

Pengembangan

Awalnya direncanakan sebagai serial televisi full-length untuk menandai ulang tahun kesepuluh dari franchise Gundam, Gundam F91 mengalami hambatan produksi karena perselisihan staf, dan proyek dihentikan setelah skenario untuk tiga belas episode pertama ditulis. Kemudian diputuskan bahwa apa yang dibuat dari pertunjukan tersebut akan diringkas menjadi film layar lebar.

Sebuah adaptasi film dalam franchise Gundam belum dibuat sejak Char's Counterattack . Gundam F91 dikembangkan dengan tujuan menghadirkan era baru dan karakter baru, pada saat SD Gundam menjadi wakil Gundam di bioskop. Tomino berkomentar terlepas dari pengumuman pekerjaan yang sebenarnya bahwa tema film akan melibatkan masalah keluarga.

Yoshikazu Yasuhiko dan Kunio Okawara kembali mengerjakan film dengan Tomino untuk menciptakan kembali tim inti dari seri Mobile Suit Gundam yang asli. Yasuhiko tidak melakukan apa pun selain dari desain karakter setelah Mobile Suit Gundam , tetapi dia berpartisipasi dengan syarat dia akan membantu membuat cerita seperti yang dia lakukan di aslinya. Namun, pada akhirnya, dia tidak berpartisipasi dalam pengembangan cerita, dan malah mengatur bagian animasi dan mendesain dan mewarnai beberapa elemen, seperti pakaian normal (pakaian luar angkasa yang digunakan dalam film). Okawara kembali dari peran desainnya di Mobile Suit Gundam ZZuntuk mendesain setiap mobile suit yang muncul di film Mobile suit yang dia rancang adalah yang berasal dari percakapan dengan Tomino, sama seperti ketika mereka mengerjakan seri aslinya, tetapi mereka mendapati diri mereka tidak setuju tentang seberapa radikal mengubah elemen desain dan tema. Okawara awalnya berhati-hati untuk menjaga jumlah garis dalam desainnya seminimal mungkin, karena kesulitan menganimasikannya untuk film panjang akan meningkat, tetapi Sunrise meminta agar dia menggunakan garis sebanyak yang dia bisa.

Mobile suit untuk film ini dirancang agar lebih kecil dari biasanya—ukurannya umumnya meningkat hingga Char's Counterattack , di mana Gundam tingginya 18 meter tetapi Nu Gundam setinggi 22 meter. Ukuran rata-rata diturunkan menjadi sekitar lima belas meter di Gundam F91, dengan Tomino menjelaskan bahwa akan lebih mudah ketika mobile suit dibuat menjadi model kit, karena mereka akan lebih mudah berpose dengan figur manusia dengan skala yang sama dan lebih mudah untuk membuat diorama. sekitar, alasan yang sama yang dia tawarkan untuk serial animasi lain yang dia kerjakan, Aura Battler Dunbine. Tomino awalnya ingin mengurangi ukurannya menjadi 10 meter, tetapi ditetapkan menjadi 15 meter untuk memenuhi persyaratan pabrikan.

Di alam semesta, pemendekan mobile suit dijelaskan sebagai cara untuk memerangi biaya yang terus meningkat untuk memproduksi mobile suit yang lebih besar dan lebih besar. Dengan cara yang sama, model kit juga akan berkurang dalam hal biaya produksi. Namun pada kenyataannya, karena kit model skala 1/144 menjadi norma dan bukannya 1/100, biaya untuk mengembangkan teknologi baru untuk mewarnai kit yang lebih kecil dan untuk membuat sambungan yang lebih kecil dan lebih artikulasi, antara lain, benar-benar mendorong biaya produksi. ke atas. Namun, penjelasan in-universe ini ditanggapi dengan ketidakpuasan oleh para penggemar franchise, terutama penggemar model kit, jadi setelah mempertahankan ukuran yang lebih kecil melalui Mobile Suit Victory Gundam, dimulai dengan Mobile Fighter G Gundam, ukuran mobile suit secara bertahap ditingkatkan. sekali lagi. Dengan dirilisnya Turn-A Gundam dan G-Saviour, mobile suit tituler masing-masing berdiri di ketinggian 20 dan 18 meter.

Karakter utama adalah pahlawan yang lebih mudah dipahami, dan cerita berakhir dengan nada yang lebih bahagia. Tema Char's Counterattack melibatkan Newtypes, tetapi Gundam F91 memilih untuk menggunakan konsep "masalah keluarga" yang mudah dipahami sebagai fokus utamanya, yang juga membuatnya lebih mudah dipahami oleh penggemar seri yang lebih baru. Akibatnya, Tomino mengatakan bahwa "dari segi cerita, film ini sukses." Bagian pertama dari film disajikan dengan bersih, cara yang dapat dimengerti, tetapi bagian kedua menjadi lebih kacau, seperti Char's Counterattack, dengan situasi yang hanya dijelaskan dengan dialog yang sangat singkat – lapisan cerita yang rumit menumpuk, dan dalam arti itu menjadi penerus sejati film adaptasi Gundam.

Dalam cerita, senjata pembunuhan bulat mengambang yang disebut "Bugs" diperkenalkan untuk memberikan lebih banyak rasa langsung pada rasa sakit dan kekerasan yang digambarkan di layar daripada gas beracun yang digunakan dalam Mobile Suit Gundam dan Mobile Suit Zeta Gundam, meskipun mereka memilikinya. peran yang sama untuk membunuh orang. Hal ini terkait dengan keyakinan kuat Tomino pada saat itu bahwa anak-anak "terus kehilangan kontak dengan kehidupan nyata."

Gundam F91 adalah film pertama Sunrise yang menggunakan bahan format layar lebar untuk produksinya. Sampai saat itu, semua produksi film Sunrise menggunakan kertas berukuran normal, yang kemudian dipotong di bagian atas dan bawah untuk menyesuaikannya dengan layar lebar.

Rilis

Setelah film dirilis, enam pertama dari delapan rol filmnya menghaluskan adegan-adegan tertentu, dan sekitar lima menit cuplikan ditambahkan ke dua rol terakhir. Mereka juga meminta pengisi suara untuk menjuluki ulang film tersebut, dan akhirnya merilis "director's cut" di VHS sebagai "Mobile Suit Gundam F91: The Complete Version". Rilis DVD selanjutnya berisi versi film asli dan versi lengkap. Namun, rol 1 sampai 6 pada versi film sebenarnya dari versi revisi, lengkap, sehingga versi film aslinya tidak pernah benar-benar dirilis di home video.

Warisan

Dalam catatan produksi dikatakan bahwa mereka "pasti" akan melanjutkan sekuel Gundam F91, tetapi proyek untuk kelanjutan tidak pernah terwujud. Namun kemudian, Tomino terlibat dengan penulisan manga Mobile Suit Crossbone Gundam, yang mengikuti peristiwa film sampai batas tertentu. Tomino juga menulis novelisasi dua bagian yang menyempurnakan lebih banyak detail cerita.

Garis Besar

Pada awalnya, seri ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah serial televisi sepanjang 50 episode. Namun karena terjadi perselisihan antar staff, proyek ini terhenti pada pembuatan 13 episode pertama. Kemudian diputuskan bahwa serial ini “diringkas” menjadi sebuah film yang berdurasi 2 jam, meski dengan begitu cerita yang akan disajikan akan banyak terpotong. Namun cerita yang seutuhnya dapat dibaca di dalam 2 jilid novel yang dikeluarkan kemudian.

Cerita Gundam F91 berkutat pada seorang pemuda bernama Seabook Arno, kekasihnya Cecily Fairchild, dan ambisi Crossbone Vanguard yang dipimpin oleh Meitzer Ronah, kakek dari Cecily Fairchild, untuk membentuk sebuah kerajaan baru di luar angkasa yang dinamakan “Cosmo Babylonia”. Untuk melindungi keluarga dan teman-temannya, Seabook “terpaksa”untuk mengendarai sebuah Mobile Suit baru Federasi Bumi yang dikembangkan oleh ibunya, Monica Arno, yang bernama Formula 91.

Cerita

Setelah apa yang terjadi di seri Char’s Counterattack sekitar 30 tahun yang lalu, umat manusia bisa hidup dalam keadaan yang damai. Namun karena jumlah manusia yang semakin banyak, Federasi Bumi memutuskan untuk membangun lebih banyak koloni di luar angkasa. Hal inilah yang memicu sebuah gerakan militer yang bernama Crossbone Vanguard untuk menguasai koloni-koloni tersebut dan menjadikannya sebuah kerajaan luar angkasa yang bernama “Cosmo Babylonia”. Akibat keadaan ini, seorang pemuda biasa yang bernama Seabook Arno harus berjuang melindungi keluarga dan orang-orang yang disayanginya dari ancaman Crossbone Vanguard, dengan mengendarai sebuah Mobile Suit baru yang dikembangkan oleh ibunya, Gundam Formula 91.

Menurut Tomino, film ini dirancang agar lebih mudah dipahami daripada Char's Counterattack yang agak membingungkan.

Penokohan

Seorang Pemuda dari koloni Frontier IV, yang mendadak menjadi pilot Gundam F91 setelah Crossbone Vanguard datang menyerang. Hubungan keluarganya tidak harmonis, terutama terhadap ibunya, Dr. Monica Arno, karena ia merasa bahwa dia telah menelantarkan keluarganya demi pengembangan Mobile Suit. Ia mempunyai seorang kekasih bernama Cecily Fairchild yang tinggal di sebelah rumahnya.

Anak angkat Theo Fairchild dan kekasih Seabook Arno ini mempunya nama asli Berah Ronah. Ia sebenarnya adalah putri dari Carozzo Ronah, yang menjadikannya sebagai orang penting dalam Crossbone Vanguard. Awalnya ia menolak ikut ke dalam CV, tetapi ia dipaksa oleh kakeknya agar menjadi penerus CV yang kemudian memerintahkan agar menculiknya. Namun di akhir cerita ia bertempur bersama Seabook untuk melawan ayahnya.

Ayah kandung dari Cecily Fairchild. Sebelum menjadi tentara, ia adalah seorang ilmuwan yang cukup ternama. Namun karena kesibukannya, istrinya meninggalkannya. Hal inilah yang membuatnya memakai topeng besi demi menutupi masa lalunya yang kelam. Selain itu, ia mengubah dirinya sendiri menjadi seorang “Newtype” buatan (Artificial Newtype), dan mengalami perubahan sikap yang cukup drastis.

Kakek dari Berah Ronah sekaligus pimpinan tertinggi Crossbone Vanguard. Ia menginginkan Berah untuk menjadi “simbol” dalam kerajaan “Cosmo Babylonia”, mengantikan menantu sekaligus Ibu Berah, Nadia Ronah, yang melarikan diri darinya. Ia tewas setelah ditembak oleh anaknya, Carozzo.

Kakak angkat dari Berah Ronah. Ia adalah seorang prajurit perang yang cukup disegani di CV berkat kemampuan dan usaha kerasnya. Namun sikapnya dingin terhadap Berah dan juga sering terlalu gegabah jika berada di medan perang. Ia tewas ketika melawan F91.

Seorang Ace Pilot dari sebuah pasukan elit di CV yang bernama “Black Vanguard”. Meksipun masih berumur cukup muda, tetapi ia telah menjadi perwira tinggi di CV, dan membuatnya cukup disegani bawahannya. Ia memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam mengendarai MS dan juga ahli dalam strategi.

Bawahan langsung Zabine Chareux, yang juga menaruh perasaan terhadapnya. Namun hal itu berubah menjadi kecemburuan setelah Berah Ronah datang, yang menyebabkan perhatian Zabine menjadi lebih berkurang terhadapnya. Ia pun sampai membelot ke Space Ark dan membantu Seabook dkk dalam melawan CV.

Ayah angkat dari Berah Ronah. Dialah yang membantu menyembunyikan Berah dari CV, dengan mengangkatnya sebagai anak dan memberikan nama “Cecily Fairchild”. Namun ketika CV menyerang, dia mengkhianatinya dan membujuk agar Cecily bergabung dengan CV. Dia mempunyai sebuah toko roti yang terletak di sebelah rumah Seabook Arno.

Kapten kapal Space Ark. Awalnya ia tidak menduga serangan yang dilancarkan CV, dan merasa tidak siap untuk menjadi kapen kapal. Namun ia pun bertekad untuk berusaha sebaik mungkin, dan membantu mengungsikan penduduk koloni Frontier I dengan Space Ark. Dialah yang menamai Mobile Suit F91 dengan “Gundam”, karena MS itu mengingatkan kepada MS legendaris yang muncul beberapa dekade yang lalu.

Seorang mantan tentara Federasi Bumi yang berpangkat kolonel. Ia adalah pemimpin perlawanan penduduk sipil melawan CV. Karena keadaan darurat, ia mengubah kapal Space Ark dari kapal untuk pelatihan menjadi markas gerakan perlawanan. Sikapnya yang arogan membuatnya agak kurang disukai oleh kru Space Ark.

Seorang kadet pilot Mobile Suit dari tentara Federasi Bumi. Karena serangan CV yang terjadi secara mendadak, hanya sedikit orang yang mampu mengendalikan Mobile Suit, termasuk Birgit. Ia juga memberi dukungan kepada Seabook dalam perjuangannya melindungi Space Ark, meski sikapnya sedikit kasar.

Ibu dari Seabook dan Reese, dan perancang Mobile Suit terbaru Federasi Bumi juga sistem Bio-Computer. Karena terlalu fokus terhadap pekerjaannya, ia pun melantarkan keluarganya. Namun bukan berarti ia tidak sayang terhadap mereka. Ia pun tidak menyangka bahwa hasil kerjanya, Gundam Formula 91 akan dikendarai oleh anaknya sendiri.

Ayah dari Seabook dan Reese Arno. Ia adalah seorang peneliti yang juga ikut membantu pengembangan Gundam F91. Namun ia memutuskan untuk keluar dari proyek itu, dan menjadi seorang mekanik di koloni Frontier IV agar bisa lebih dekat dengan keluarganya. Ia tewas melindungi kedua anak yang dicintainya pada serangan CV terhadap koloni mereka.

Adik kandung dari Seabook Arno. Ia adalah gadis yang periang dan manja. Namun setelah serangan CV melanda koloninya, ia pun berubah menjadi lebih tegar. Ia sering membantu para awak Space Ark seperti mengantarkan makanan dan mencuci pakaian mereka.

Daftar Mobile Suit/Armor yang muncul dalam serial ini

  • RXR-44 (F50D, RX-107) Guntank R-44
  • F71 G-Cannon
  • F91 Gundam Formula 91
  • RGM-89M Jegan B-Type
  • RGM-89R Jegan A-Type
  • RGM-109 Heavygun
  • XM-01 Den'an Zon
  • XM-02 Den'an Gei
  • XM-03 Ebirhu-S
  • XM-04 Berga Dalas
  • XM-05 Berga Giros
  • XM-05B Berga Balus
  • XM-06 Dahgi Iris
  • XM-07 Vigna Ghina
  • XM-07G Vigna Zirah
  • XMA-01 Rafflesia

Staf Produksi

  • Sutradara – Yoshiyuki Tomino
  • Naskah - Tsunehisa Ito & Yoshiyuki Tomino
  • Pendesain Karakter - Yoshikazu Yasuhiko
  • Pendesain mecha - Kunio Okawara
  • Penata Musik - Satoshi Kadokura

Lagu Tema

Lagu Pembuka:

Lagu Penutup:

Pranala luar

Didahului oleh:
Mobile Suit Gundam 0080: War in the Pocket
Gundam metaseries (urutan tahun pembuatan)
1991
Diteruskan oleh:
Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory
Didahului oleh:
Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack
Gundam Era Universal Century
U.C. 0123
Diteruskan oleh:
Mobile Suit Crossbone Gundam (manga)
Mobile Suit Victory Gundam
Kembali kehalaman sebelumnya