Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin

Koordinat: 3°18′01″S 114°36′23″E / 3.30040°S 114.60637°E / -3.30040; 114.60637

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin
Kepala sekolahDr. Hj. Dina Huriati, M.Pd.

Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin adalah salah sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Kalimantan Selatan yang didirikan pada tanggal 25 November 1985.

Sejarah

Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin didirikan pada tanggal 25 November 1985 dalam suatu keputusan hasil Konperda Tingkat I PGRI dari 23 - 25 November 1985 di Barabai. Drs. Syamsi selaku Ketua PGRI Tingkat I Kalimantan Selatan yang terpilih kembali untuk kedua kalinya memang untuk mengemban tugas pendirian Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin, karena posisi dia sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dasar Tingkat I Kalimantan Selatan akan lebih berkomunikasi dengan berbagai pihak.

Pada bulan Januari 1985, dibentuklah panitia kecil Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI yang kemudian berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Banjarmasin dengan susunan:

Ketua Drs. Syamsi
Wakil Ketua PH. Toar
Sekretaris Drs. Busera Lamberi
Anggota Drs. Djantera Kawi

Dengan dukungan dari Gubernur, DPRD Tingkat I, Rektor Unlam, Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Tingkat I Kalimantan Selatan serta izin operasional Kopertis Wilayah VII (sekarang, Kopertis Wilayah IX) di Surabaya. Kamudian STKIP PGRI Banjarmasin menerima mahasiswa baru sebanyak 137 orang pada tanggal 22 September 1986 dan menyelenggarakan kuliah perdana yang dilakukan oleh Drs. Syamsi selaku Ketua Daerah Tingkat I PGRI Kalimantan Selatan dan juga selaku panitia kecil pendidikan STKIP PGRI Banjarmasin di Aula Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan.

Untuk pertama kalinya lembaga yang mengurusi STKIP PGRI Banjarmasin dilakukan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Tingkat I Kalimantan Selatan yang didirikan pada 27 November 1989 dengan pimpinan:

Ketua Drs. Djantera Kawi
Wakil Ketua Drs. Abdul Djebar Hapip
Sekretaris Drs. Abdul Gaffar Mutiara
Bendahara Zainuri
Anggota Drs. Syamsi
Drs. Athailah Baderi
Teguh Juandie

Dengan Pimpinan pertama STKIP PGRI Banjarmasin:

Ketua H.M. Ismail Abdullah
Puket I Drs. Zainal Abidin Jaya
Puket II Drs. Anang Kamberani
Puket III Drs. Said Affandi Alwi

Sedangkan Badan Pengelola yang mengurusi operasional direkrut dari Pengurus Daerah Tk II PGRI Banjarmasin antara lain: Drs. Anang Kamberani, Drs. Asmail Hasan, Drs. M. Husni Thamrin, Darmansyah, Drs. M. Syarkawi, dan Dra. Hj. Erliani.

Pada tahun 1987 STKIP-PGRI Banjarmasin mengalami masa kritis dengan ketentuan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bahwa bagi Perguruan Tinggi Swasta yang belum mendapatkan status dinyatakan statusquo. Dengan perjuangan dan bantuan serta arahan dari PB-PGRI agar STKIP-PGRI Banjarmasin berafiliasi dengan Perguruan Tinggi PGRI yang terdekat dan memungkinkan untuk menampung semua jurusan yang ada di STKIP-PGRI Banjarmasin yaitu berafiliasi dengan IKIP-PGRI Surabaya (sekarang Universitas PGRI Adi Buana disingkat UNIPA).

Pilihan afiliasi tersebut di samping pertimbangan di atas juga dikarenakan ada kemudahan dengan adanya hubungan emosional antara pimpinan STKIP-PGRI Banjarmasin, H.M. Ismail Abdullah (Bupati Tabalong dan Ketua Golongan Karya Tingkat I Kalimantan Selatan), dengan pimpinan IKIP-PGRI Surabaya, H. Hudan Dardiri (Wali kota Pasuruan dan Ketua Golongan Karya Tingkat I Jawa Timur).

Dalam usaha pembaharuan sistem tenaga kependidikan Indonesia, pemerintah telah menetapkan seperangkat kebijakan, antara lain dituangkan ke dalam pola pembaharuan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0124/U/1979, kemudian disempurnakan dengan Surat Keputusan Nomor 0211/U/1982 dan dilanjutkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1990 dan disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999.

Sejalan dengan usaha tersebut dan sekaligus untuk memantapkan penyelenggaraan proses pendidikan atas dasar Sistem Satuan Kredit Semester maka perlu disusun kebijakan akademik dan pengembangan STKIP PGRI Banjarmasin. Kebijakan ini disusun berdasarkan peraturan-peraturan dan keputusan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional, serta petunjuk-petunjuk Kopertis Wilayah XI Kalimantan.[1] dan diharapkan dapat dipedomani oleh dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan akademik di lingkungan STKIP PGRI Banjarmasin.

Pimpinan

Pimpinan STKIP-PGRI Banjarmasin berturut-turut sebagai berikut:

No. Foto Nama Dari Sampai Keterangan
1. H.M. Ismail Abdullah 1986 1990 Terpilih kembali pada periode 1990 - 1994 dan periode 1994 - 1998
2. Drs. H. Said Affandi Alwi 1998 2000
3. Drs. Muhammad Arsyad 2001 2004
4. Drs. H. Soenarto 2005 2009
5. Dr. Abidinsyah, M.Pd 2009 2019
6. Dr. Hj. Dina Huriati, M.Pd 2019 sekarang

Program Studi

  1. Program Studi Pendidikan Matematika
  2. Program Studi Pendidikan Biologi
  3. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Program Studi Pendidikan Seni Tari
  6. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Lambang dan Atribut

Lambang

  • Sayap kanan dan kiri masing-masing terdiri dari 5 helai bulu berwarna kuning, melambangkan cita-cita setinggi angkasa di bidang pendidikan dengan dasar Pancasila, membawa tunas muda harapan bangsa ke masa cerah dan gemilang.
  • Bulu tangan bawah, warna putih dengan tulisan PGRI berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kesucian, cinta kasih, kemurnian bagi kepentingan rakyat.
  • Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning, melambangkan fungsi guru (Pendidikan Pra Sekolah, Dasar, Menenang dan Tinggi) dengan hakikat tugas pengabdiannya sebagai pendidikan yang besar dan luhur.
  • Nyala api dengan 5 sinar berwarna merah, melambangkan Pancasila (arti ideologis) dan sasarab budi, rasa, karsa dan karya generasi (arti teknis).
  • Empat buku mengapit suluh dengan posisi dua datar dan dua tegak (simetris) dengan warna corak putih, melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai norma pengetahuan, keterampilan akhlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan pra sekolah, dasar, menengah dan tinggi.
  • Warna dasar tengah hijau, melambangkan kemakmuran generasi.
  • Pita putih bertuliskan Yayasan Lembaga Pembina Pendidikan sebagai penyangga sayap, melambangkan ikatan yang kokmoh bagi guru seluruh Indonesia di dalam mengejar cita-citanya.

Arti keseluruhan lambang STKIP PGRI Banjarmasin adalah dengan ikatan dan kesadaran pengabdian yang suci murni dengan segala kebenaran, keluhuran jiwa dan cinta kasih senantiasa menunaikan darma baktinya terhadap Negara, Tanah Air dan Bangsa Indonesia dalam mendidik budi, cipta, rasa, karsa dan karya generasi bangsa menjadi manusia Pancasila yang memiliki moral, pengetahuan, keterampilan dan akhlak yang tinggi.[2]

Unit Kegiatan Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa
  • Badan Legislatif Mahasiswa
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (HIMATIKA)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi (HMJBIO)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (HMJPBSID)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (HMBI)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari (HIMASETA)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi (HIMAPTIKOM)

Fasilitas

  • Laboratorium Komputer Umum
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium MIPA
  • Laboratorium Pengajaran (Micro-teaching)
  • Laboratorium Komputer Khusus Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi
  • Perpustakaan

Catatan Kaki

  1. ^ Pembagian Kopertis Wilayah oleh Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional. http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_qcontacts&view=category&catid=66&Itemid=208
  2. ^ Hal 4. Buku Pedoman Akademik STKIP Banjarmasin. 2010.

Pranala luar

Tag: sekolah vokasi adalah basmalah gralind sekolah dimana apa itu sekolah vokasi nama sekolah basmalah gralind sekolah tinggi intelijen negara perkembangan alat komunikasi seperti handphone dan internet turut mempengaruhi dunia pendidikan, diantaranya adalah penggunaan alat komunikasi sebagai sarana untuk mencari informasi dengan cepat dan tepat. namun disisi lain banyak siswa yang menyalahgunakannya sebagai alat untuk mengakses video dan gambar . bagaimana pendapat saudara terkait dengan efektifitas penggunaan handphone bagi siswa di sekolah? sekolah pelayaran militer jambi basmalah sekolah dimana sekolah pelayaran militer sekolah basmalah gralind dimana basmalah gralind sekolah apakah basmalah gralind masih sekolah bagaimana proses pembelajaran yang tepat diselenggarakan di sekolah pada era digital saat ini dimana sekolah basmalah gralind sekolah asli basmalah gralind tempat sekolah basmalah gralind sekolahnya basmalah gralind niken salindri sekolah dimana senjang tentang sekolah sekolah gajah mada medan sekolah adimulia batam sekolah cordova sekolah christy jkt48 sekolah dasar ar rahman islamic school sekolah insan teratai foto sekolah citra anindya info sekolah sekolah fioretti tigaraksa sekolah dasar al firdaus foto sekolah mayjend sutoyo medan sekolah batari medan sekolah dasar islam terpadu al muhajirin foto sekolah al ittihadiyah medan sekolah stella maris teluk gong sekolah salman alfarisi sekolah pineapple medan biaya sekolah santa laurensia suvarna sutera sekolah matauli niken salindry sekolah dimana

sekolah menengah atas dwiwarna kota medan foto biaya sekolah di global inbyra school tegal sekolah ncips kupang sekolah dharma loka foto sekolah kharismawita sekolah ais batam sekolah igs palembang nama sekolah sma betrand peto putra onsu di jakarta sekolah niken salindri sekolah medan putri biaya sekolah apple tree kupang sekolah mahabodhi vidya foto gambar sekolah sd negeri sekolah martadinata sekolah mahanaim foto betrand peto sekolah dimana anak sekolah sekolah galatia 3 sekolah kasih bapa bantuan pembangunan sekolah dari luar negeri sekolah trinitas bojong indah sekolah sekolah citta bangsa sekolah husni thamrin medan sekolah islam terpadu daarul fikri sekolah mis manado sekolah pelopor duri sekolah alam muara bungo sekolah islam jayawinata sekolah stella gracia pekanbaru sekolah alam di sidoarjo sekolah internasional di banjarmasin sekolah xaverius palembang infosekolah sekolah harapan jaya cengkareng sekolah f tandean tebing tinggi sekolah menengah atas pusaka 1 foto sekolah medan mulia sekolah mutiara bangsa 6 sekolah olahraga pekanbaru sekolah insan cendekia mandiri boarding school foto nama sekolah sma onyo di jakarta sekolah abdi wacana gunung sindur sekolah immanuel jelambar sekolah tunas harapan bogor biaya sekolah cikal cendekia cileungsi amanda di anak sekolah biaya sekolah regina caeli cileungsi sekolah pratiwi foto sekolah penuai cibubur biaya sekolah bali hati kepala sekolah sman 6 cirebon sekolah pekerti bangsa sekolah global surya foto sekolah formal di ponpes lirboyo sekolah chis sekolah niken salindry sekolah abdurrahman bin auf foto sekolah amalia medan sekolah pelangi alexandria

sekolah an-nisaa' izada foto umpasa untuk anak sekolah onyo sekolah dimana sekolah mutiara bunda cilegon sekolah triple j sekolah skb balikpapan safee sali sekolah sekolah strada cengkareng arkhan kaka sekolah dimana akreditasi sekolah murid merdeka sekolah kristen shekinah sekolah umum nabila foto sekolah indonesia di luar negeri sekolah indonesia kuala lumpur foto sekolah wira jaya pendaftaran sekolah tzu chi cengkareng 2022 kepala sekolah smp labschool kebayoran sekolah betrand anak ruben onsu sekolah menengah atas al-azhar kota surabaya foto sekolah thomas alva edison sekolah dharma budhi bhakti sunter jefan nathanio sekolah dimana kepala sekolah smpn 52 surabaya sekolah bali hati sekolah sdit al muhajirin foto sekolah donal sekolah indonesia den haag foto sekolah raffles pondok indah sekolah kasih kemuliaan alamat sekolah yp ippi petojo jejak karbon di sekolah aes.sekolah jejak karbon di lingkungan sekolah sekolah quran asy syahid sekolah pelita utama batam sekolah maitreyawira kisaran sekolah alam al karim foto sekolah alam duri sekolah advent salemba sekolah kesatuan bangsa nama sekolah betrand peto di jakarta

PendahuluanSelamat datang di petualangan seru di Mojhaye Khorushan Water Park, Iran! Jika Anda mencari tempat liburan yang unik dan mendebarkan, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang destinasi air yang menakjubkan ini. Dari sejarahnya yang kaya hingga berbagai wahana seru yang bisa Anda nikmati, kita akan membahas semuanya. Jadi, siapkan diri Anda untuk mengikuti kami dalam perjalanan menyenangkan ini!Daftar IsiSej…

PendahuluanSelamat datang dalam perjalanan eksplorasi ke dalam dunia Universitas Pakuan Bogor! Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang universitas yang memiliki keunikan tersendiri ini. Dari sejarah hingga program-program akademik terkini, kita akan menjelajahi segala hal yang membuat Universitas Pakuan Bogor begitu menarik dan istimewa.Daftar IsiSejarah Universitas Pakuan BogorVisi dan MisiFakultas dan Program StudiKualitas PendidikanPrestasi dan Alumni TerkemukaKehidupan Kampus yang …

UNIVERSITAS KRISTEN DUTAWACANA (UKRida): Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan BerkualitasPendahuluanSelamat datang dalam perjalanan kita untuk mengungkap ragam keajaiban dan potensi yang dimiliki oleh Universitas Kristen Dutawacana, atau yang lebih akrab kita sebut UKRida. Dalam artikel ini, kita akan menggali setiap sudut dan celah dari institusi pendidikan yang telah menjadi cikal bakal banyak sukses individu di tanah air. Tidak hanya itu, kita juga akan menjelajahi peran SEO (Search Engine…

PendahuluanSaat berbicara tentang buah-buahan yang menyegarkan, pikiran kita mungkin langsung tertuju pada yang manis dan berair. Tapi tunggu dulu, tahukah Anda bahwa di antara gemerlapnya dunia buah-buahan, ada satu yang mungkin terlupakan, yakni buah plum merah? Jangan salah, dibalik penampilannya yang sederhana, buah ini menyimpan rahasia kesehatan yang luar biasa. Artikel ini akan membahas dengan lengkap mengenai manfaat mengagumkan dari buah plum merah yang mungkin belum Anda ketahui.Daftar…

PendahuluanSelamat datang dalam petualangan menakjubkan mengenal keindahan bulu kambing Gaddi dari India! Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keunikan dan pesona dari bulu kambing yang luar biasa ini. Mari kita menggali lebih dalam, mulai dari sejarahnya hingga manfaatnya yang mengagumkan. Jadi, ikuti kami dalam perjalanan menyenangkan ini dan temukan alasan mengapa bulu kambing Gaddi patut mendapat perhatian kita.Daftar IsiSejarah Kambing Gaddi: Keanggunan yang BerusiaAwal Mula Kambing Gad…

PendahuluanKetika kita berbicara tentang perawatan mesin sepeda motor, salah satu faktor kunci yang tidak bisa diabaikan adalah penggunaan oli yang tepat. Oli bukan hanya pelumas, tetapi juga kunci untuk menjaga kinerja mesin dalam kondisi optimal. Di tengah persaingan oli pelumas, Oli Repsol menjadi bintang yang berkilau dalam perawatan mesin sepeda motor. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dengan mendalam keunggulan Oli Repsol dan bagaimana oli ini dapat merawat mesin sepeda motor Anda d…

PendahuluanMesin motor adalah jantungnya kendaraan, dan seperti jantung manusia, perlu perawatan yang baik agar tetap bertenaga dan tahan lama. Salah satu aspek penting dalam perawatan mesin adalah penggunaan oli yang berkualitas. Oli Syneral Synthetic hadir sebagai solusi unggul untuk menjaga mesin motor Anda agar tetap prima dan tahan lama. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh keunggulan Oli Syneral Synthetic yang akan membuat Anda percaya bahwa motor Anda bisa menjadi penerus legenda…

PendahuluanMari kita hadapi kenyataan: lantai keramik yang indah bisa mengubah tampilan ruangan menjadi lebih elegan, tapi noda membandel bisa menjadi mimpi buruk. Tidak perlu khawatir lagi! Artikel ini akan membawa Anda dalam petualangan membersihkan noda pada lantai keramik dengan cara-cara yang unik, ampuh, dan mengasyikkan. Dari tips sederhana hingga trik canggih, mari kita mulai perjalanan ajaib ini!Daftar IsiMenyambut Noda: Kenali Musuh Anda!Apa yang Membuat Noda Begitu Bandel?Identifikasi…

PendahuluanSelamat datang di sebuah perjalanan penuh misteri ke indahnya Bali, di mana alam begitu memesona dan penuh dengan kejutan menakjubkan. Salah satu fenomena alam yang benar-benar memikat perhatian adalah pohon bunut berlubang yang ditemukan di Jembrana, Bali. Dalam artikel ini, kita akan mengupas dengan detail uniknya pohon bunut berlubang tersebut, mengungkap cerita di baliknya, serta menggali pesona alam dan makna budayanya.Daftar IsiSejarah dan Asal Usul Pohon Bunut BerlubangKeunikan…

PendahuluanSiapa yang tidak ingin memiliki tubuh langsing dan sehat dalam waktu singkat? Di era modern ini, banyak orang mencari cara efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Salah satu metode yang populer adalah "Two Weeks Diet," sebuah program diet intensif yang dijamin mampu menghasilkan perubahan signifikan dalam waktu dua minggu. Artikel ini akan membahas dengan detail dan lengkap tentang Cara Jitu Two Weeks Diet. Kita akan menggali rahasia di balik program ini, membahas panduan l…

Digital Literacy

Kembali kehalaman sebelumnya