Sisi-A dan sisi-B

Sisi-A
Sisi-B
Victor 17929-A dan 17929-B

Sisi-A dan sisi-B adalah dua sisi piringan dan kaset. Istilah ini digunakan oleh label rekaman yang menggunakan rekaman dua sisi. Sisi-A biasanya menampilkan rekaman utama yang bertujuan menjadikannya rekor hit. Sedangkan sisi-B (atau "sisi sebaliknya") merupakan rekaman sekunder yang kurang diminati, meski kadang sisi-B lebih sukses dari sisi-A-nya.

Penggunaan istilah ini lebih sedikit digunakan di abad ke-21, karena industri musik telah beralih dari perekaman analog ke format digital yang tidak membutuhkan bentuk fisiknya, seperti melalui pengunduhan atau streaming. Meski demikian, istilah ini masih digunakan secara metaforis oleh beberapa artis dan label rekaman. Sisi-B kadang kala dimaksudkan sebagai bagian "bonus" atau konten materi lainnya.[1] Istilah sisi-B memiliki definisi yang luas di industri K-pop, yang merupakan lagu-lagu dalam album yang tidak dipasarkan dengan judul mandiri.[2]

Referensi

  1. ^ Plasketes, George (28 Januari 2013). B-Sides, Undercurrents and Overtones: Peripheries to Popular in Music, 1960 to the Present. Ashgate Publishing. 
  2. ^ "These Were The Top 50+ Best K-Pop B-Sides In 2020, According To Fans". Koreaboo. 25 Januari 2021. Diakses tanggal 27 Juli 2021. 

Informasi yang berhubungan dengan Sisi-A dan sisi-B

Kembali kehalaman sebelumnya