Tanda nomor

Tanda nomor
Dalam UnicodeU+2116 numero sign (HTML: №)
Related
Lihat pulaU+0023 # number sign (HTML: #)

Tanda nomor atau simbol nomor, , (juga direpresentasikan sebagai , No, No, atau no.),[1][2] adalah singkatan tipografi dari kata nomor yang menunjukkan penomoran ordinal, terutama dalam nama dan gelar. Misalnya, dengan menggunakan tanda nomor, bentuk panjang tertulis dari alamat "Jalan Dewi Sartika Nomor 1" disingkat menjadi "Jalan Dewi Sartika №1", namun kedua bentuk diucapkan secara panjang.

Secara tipografis, tanda nomor menggabungkan alfabet Latin huruf besar sebagai pengikat tunggal N dengan huruf kecil biasanya superskrip o, terkadang digarisbawahi, menyerupai indikator ordinal maskulin º. Ligatur memiliki titik kode di Unicode sebagai karakter yang telah disusun sebelumnya, U+2116 numero sign.[3]

Oxford English Dictionary memperoleh tanda nomor dari bahasa Latin numero, bentuk ablatif dari numerus ("nomor", dengan denotasi ablatif dari "oleh nomor, dengan nomor"). Dalam rumpun bahasa Roman, tanda nomor dipahami sebagai singkatan dari kata untuk "angka". Misalnya di bahasa Italia numero, bahasa Prancis numéro, serta bahasa Portugis dan bahasa Spanyol número.[4]

Artikel ini menjelaskan singkatan tipografi lainnya untuk "nomor" dalam berbagai bahasa, selain tanda nomor yang sebenarnya.

Penggunaan

Tanda nomor sebagai tanda dari glif tunggal, meskipun digunakan secara luas secara internasional, bukanlah simbol keyboard standar di hampir semua bahasa di Eropa. Substitusinya dengan dua huruf terpisahN dan oumum. Huruf besar atau huruf kecil "n" dapat digunakan, diikuti dengan "o.", superskrip "o", indikator ordinal, atau tanda derajat; ini akan dipahami dalam kebanyakan bahasa.

Bahasa Bulgaria

tata letak keyboard bahasa Bulgaria (BDS 5237:1978)

Dalam bahasa Bulgaria, tanda nomor sering digunakan dan hadir dalam tiga tata letak keyboard yang banyak digunakan dan dapat diakses menggunakan Shift-0 di BDS dan prBDS serta dengan Shift-3 pada tata letak fonetik.

Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, bentuk khas non-ligature No. dan sering digunakan untuk menyingkat kata "number".[2] Di Amerika Utara, tanda nomor, #, lebih lazim. Bentuk ligatur tidak muncul pada keyboard QWERTY Inggris atau Amerika.

Bahasa Prancis

Simbol nomor tidak umum digunakan di bahasa Prancis dan tidak muncul di standar keyboardAZERTY. Sebaliknya, French Imprimerie Nationale merekomendasikan penggunaan tanda tersebut sebagai "no" (sebuah huruf "n" diikuti dengan huruf kecil superskrip "o"). Bentuk jamak "nos" juga dapat digunakan.[5] Dalam praktiknya, "o" sering diganti dengan simbol derajat (°), yang secara visual mirip dengan superskrip "o" dan mudah diakses di keyboard AZERTY.

Bahasa Indonesia dan Melayu

"Nomor" di bahasa Indonesia dan "nombor" di bahasa Melayu; karena itu "No." umumnya digunakan sebagai singkatan dengan ejaan standar dan tanda titik.

Bahasa Italia

Tanda yang menunjukkan bentuk Nͦ yang lebih langka di Italia

Tanda itu biasanya diganti dengan singkatan "n." atau "nº", yang terakhir menggunakan indikator ordinal maskulin, bukan superskrip "O".[6]

Bahasa Tagalog (Filipina)

Karena lebih dari tiga abad penjajahan Spanyol, kata número ditemukan di hampir semua bahasa daerah di Filipina termasuk bahasa resminya bahasa Tagalog. "No." adalah tanda yang paling umum digunakan dalam bahasa daerah dan juga oleh bahasa Inggris yang dituturkan di Filipina.

Bahasa Portugis

Dalam bahasa Portugis notasi "n.º" wajib digunakan dengan tanda titik setelah huruf "n".[7] Namun, sering terlihat penyalahgunaan tanpa periode.[8]

Bahasa Rusia

Meskipun huruf N tidak ada dalam alfabet Kiril, tetapi tanda nomor diketik dalam penerbitan surat kabar di bahasa Rusia, dan tersedia di keyboard komputer dan mesin tik Rusia.

Tanda nomor sangat banyak digunakan di Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet lainnya dalam banyak konteks resmi dan kasual. Contohnya adalah penggunaan penomoran hukum dan dokumen resmi lainnya, nama lembaga (rumah sakit, taman kanak-kanak, sekolah, perpustakaan, departemen organisasi, dan sebagainya), penomoran publikasi berkala (seperti surat kabar dan majalah), penomoran rute angkutan umum, dan lain-lain.

"№ п/п" (номер по порядку, "nomor urut") secara universal digunakan sebagai tajuk tabel untuk menunjukkan kolom yang berisi nomor baris tabel.

Tanda № kadang-kadang digunakan dalam resep medis Rusia (yang menurut hukum harus ditulis dalam bahasa Latin[9]) sebagai singkatan dari kata Latin numero untuk menunjukkan jumlah dosis yang ditentukan (misalnya, tablet atau kapsul), dan pada label harga di toko obat dan situs web farmasi untuk menunjukkan jumlah dosis satuan dalam kemasan obat, meskipun singkatan standar yang digunakan dalam resep medis adalah bahasa Latin N.

Bahasa Spanyol

Tanda nomor biasanya tidak digunakan dalam bahasa Iberia, dan tidak ada pada tata letak keyboard standar. Menurut Real Academia Española[10] dan Fundéu BBVA,[11] kata número (nomor) disingkat per konvensi tipografi Spanyol letras voladas ("huruf terbang"). Huruf pertama dari kata yang akan disingkat diikuti dengan tanda titik; kemudian, huruf terakhir dari kata tersebut ditulis sebagai superskrip huruf kecil. Ini memberikan singkatan n.o (tunggal) dan n.os (jamak).

Singkatan "no." tidak digunakan, karena mungkin disalahartikan sebagai kata Spanyol no (tidak). Lebih-lebih lagi, nro. dan núm. juga disalahartikan singkatan dari número. Tanda nomor baik sebagai simbol satu karakter (№) atau terdiri dari huruf N ditambah karakter superskrip "o" (terkadang digarisbawahi atau diganti dengan indikator ordinal º) sangat umum di Amerika Latin, di mana periode interpolasi terkadang tidak digunakan dalam singkatan.

Tanda Nr.

Dalam beberapa bahasa, Nr., nr., nr atau NR digunakan sebagai gantinya, mencerminkan singkatan dari kata bahasa untuk "nomor". Bahasa Jerman Nummer direpresentasikan dengan cara ini, dan bahasa ini mengkapitalisasi semua kata benda dan singkatan kata benda. Bahasa Lituavi menggunakannya juga, dan biasanya dikapitalisasi dalam konteks birokrasi, terutama dengan arti "nomor referensi" (seperti sutarties Nr.) tetapi dalam konteks lain ini mengikuti kapitalisasi kalimat yang biasa (seperti tel. nr., singkatan untuk telefono numeris, "nomor telepon").

Tanda Nr paling sering digunakan dengan huruf kecil dalam bahasa lain, seperti bahasa Belanda, Denmark, Norwegia, Polski, Rumania, Esti, dan bahasa Swedia. Beberapa bahasa, seperti bahasa Polski, menghilangkan titik dalam singkatan, jika huruf terakhir dari kata aslinya ada dalam singkatan tersebut.

Referensi

  1. ^ "no. or No". The American Heritage Dictionary of the English Language. Houghton Mifflin Company. 2009. Diakses tanggal May 13, 2013. 
  2. ^ a b The Concise Oxford Dictionary of Current English. Oxford University Press. 2008. ISBN 9780199548415. 
  3. ^ "№ – Numero Sign (U+2116) symbol, character, icon, html: № – Letterlike Symbols – Unicode character table". unicode-table.com. 
  4. ^ "Oxford Dictionaries – Dictionary, Thesaurus, & Grammar". askoxford.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 17, 2006. 
  5. ^ Lexique des règles typographiques en usage à l'Imprimerie nationale (dalam bahasa Prancis). Imprimerie nationale. 2002. ISBN 978-2-7433-0482-9. 
  6. ^ "La corrispondenza italiana: abbreviazioni". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-06-14. Diakses tanggal 2010-05-17. 
  7. ^ "Lei da Nacionalidade (Consolidado)" [Law of Nationality (consolidated)] (dalam bahasa Portugis). Diário da República.  Portuguese official legislation Web site, with frequent use of "n.º".
  8. ^ Decree no. 9.199, of 20 November 2017, Government of Brazil (dalam bahasa Portugis). Brazilian presidency Web site, with frequent use of "nº".
  9. ^ Order of the Ministry of Health of Russian Federation № 4N, chapter I, article 17.
  10. ^ "Abreviaturas". Real Academia Española. Diakses tanggal 21 March 2016. 
  11. ^ "número, abreviatura". Fundéu BBVA. 23 February 2006. Diakses tanggal 21 March 2016. 

Pranala luar

Kembali kehalaman sebelumnya