Yes

Yes
The band onstage
Konser Yes tahun 1977 (kiri ke kanan):
Steve Howe, Alan White, Jon Anderson, Chris Squire, Rick Wakeman
Informasi latar belakang
AsalLondon, Inggris
Genre
Tahun aktif
  • 1968–1981
  • 1983–2004
  • 2008–sekarang
Label
Artis terkait
  • Mabel Greer's Toyshop
  • the Syn
  • the Buggles
  • Anderson Bruford Wakeman Howe
  • Cinema
  • King Crimson
  • XYZ
  • Asia
  • Conspiracy
  • Circa
  • Yoso
  • Flash
  • Arc of Life
Situs webwww.yesworld.com
Anggota
Mantan anggota

Yes adalah band rock progresif Inggris yang dibentuk di London pada tahun 1968 oleh penyanyi utama Jon Anderson, bassis Chris Squire, gitaris Peter Banks, kibordis Tony Kaye, dan drummer Bill Bruford. Band ini telah mengalami banyak perubahan lineup berkali-kali sepanjang sejarah mereka, di mana 20 musisi telah menjadi anggota tetap. Sejak Februari 2023, band ini terdiri dari gitaris Steve Howe, keyboardist Geoff Downes, bassist Billy Sherwood, penyanyi Jon Davison, dan drummer Jay Schellen. Yes telah beberapa kali menjelajahi gaya musik selama bertahun-tahun dan paling dikenal sebagai pionir rock progresif.

Yes mulai menampilkan lagu-lagu orisinal dan mengaransemen ulang lagu-lagu rock, pop, blues, dan jazz, sebagaimana dibuktikan pada album pertama self-titled mereka dari tahun 1969, dan tindak lanjutnya Time dan sebuah Word dari tahun 1970. Perubahan arah kemudian pada tahun 1970 menghasilkan serangkaian album rock progresif yang sukses, dengan empat penjual platinum atau multi-platinum AS berturut-turut di The Yes Album (1971), Fragile (1971), Close to the Edge (1972) dan album live Yessongs (1973). Album selanjutnya, Tales from Topographic Oceans (1973), Relayer (1974), Going for the One (1977) dan Tormato (1978), juga sukses secara komersial. Yes melakukan tur sebagai artis rock besar yang membuat band ini mendapatkan reputasi atas set panggung mereka yang rumit, pertunjukan cahaya, dan sampul album yang dirancang oleh Roger Dean. Kesuksesan "Roundabout", single dari Fragile, mengukuhkan popularitas mereka selama satu dekade dan seterusnya. Jon Anderson dan Chris Squire tetap bersama grup sepanjang tahun 1970an, dengan Peter Banks, Tony Kaye, dan Bill Bruford semuanya berangkat pada tahun 1970 hingga 1972, dan digantikan oleh Steve Howe, Rick Wakeman, dan Alan White, masing-masing. Wakeman mengundurkan diri dari grup pada tahun 1974, namun kembali lagi dua tahun kemudian, dengan Patrick Moraz mengambil tempatnya untuk sementara. Setelah album terakhir, Drama, dan tur pada tahun 1980, keduanya menampilkan Geoff Downes dan Trevor Horn masing-masing menggantikan Wakeman dan Anderson, Yes dibubarkan pada tahun 1981.

Pada tahun 1983, Squire dan White mereformasi Yes, dengan Anderson dan Kaye kembali, dan gitaris Trevor Rabin bergabung. Penulisan lagu Rabin membantu menggerakkan band menuju mainstream rock, yang hasilnya adalah 90125 (1983), album terlaris mereka yang menampilkan singel nomor satu AS "Owner of a Lonely Heart". Tindak lanjutnya, Big Generator (1987), juga berhasil. Pada tahun 1989, Anderson dan mantan anggota Bruford, Wakeman, dan Howe merilis album self-titled Anderson Bruford Wakeman Howe, setelah itu mereka dan album Yes lainnya saat itu anggota – Squire, Kaye, White, dan Rabin – disatukan menjadi delapan anggota Yes untuk album Union tahun 1991 dan tur berikutnya. Sejak tahun 1994 hingga 2001, Yes rutin merilis album studio dengan tingkat kesuksesan yang bervariasi. Setelah jeda empat tahun, mereka melanjutkan tur pada tahun 2008 dan terus merilis album baru; lagu terbaru mereka, Mirror to the Sky, dirilis pada tahun 2023. Mantan anggota Anderson, Wakeman, dan Rabin berkolaborasi sebagai Yes Menampilkan Jon Anderson, Trevor Rabin, Rick Wakeman dari tahun 2016 hingga 2018.[2] Di antara anggota band yang paling lama bertugas, Squire (anggota asli terakhir) meninggal pada tahun 2015, dan White meninggal pada tahun 2022.

Yes adalah salah satu band rock progresif paling sukses, berpengaruh, dan bertahan paling lama. Mereka telah menjual 13,5 juta album bersertifikasi RIAA di AS,[3] serta lebih dari 30 juta album di seluruh dunia.[4] Pada tahun 1985, mereka memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance dengan "Cinema", dan menerima lima nominasi Grammy antara 1985 dan 1992. Mereka menduduki peringkat No. 94 di VH1's 100 Artis Hard Rock Terbesar.[5] diskografi mereka mencakup 23 album studio. Pada bulan April 2017, Yes dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, yang memilih untuk melantik anggota saat ini dan mantan anggota Anderson, Squire, Bruford, Kaye, Howe, Wakeman, White, dan Rabin.

Sejarah

1968–1970: Formasi, album pertama dan Time and a Word

Yes dibentuk di ruang bawah tanah Lucky Horseshoe Cafe (kiri) di 184 Shaftesbury Avenue, London pada pertengahan tahun 1968. Kanan: plakat peringatan di alamat.

Pada awal tahun 1968, bassis Chris Squire membentuk band rock psikedelik Toko Mainan Mabel Greer. Formasinya terdiri dari Squire, penyanyi dan gitaris Clive Bayley, drummer Bob Hagger dan gitaris Peter Banks.[6] Mereka bermain di Marquee Club di Soho, London di mana Jack Barrie, pemilik klub La Chasse di dekatnya, melihat mereka tampil. "Tidak ada yang luar biasa dari mereka", kenangnya, "musiknya sangat bagus tapi jelas mereka tidak akan kemana-mana".[7] Barrie memperkenalkan Squire kepada penyanyi Jon Anderson, seorang pekerja di bar di La Chasse, yang menemukan bahwa mereka beberapa kali memiliki minat yang sama dalam Simon & Garfunkel dan nyanyian harmoni. Malam itu di rumah Squire mereka menulis "Sweetness", yang dimasukkan ke dalam album Yes pertama.[8] Sementara itu, Banks telah meninggalkan Toko Mainan Mabel Greer untuk bergabung dengan Neat Change, namun ia diberhentikan oleh kelompok ini pada 7 April 1968.[6] Pada bulan Juni 1968, Hagger digantikan di Yes yang baru lahir oleh Bill Bruford, yang memasang iklan di Melody Maker,[6][9] dan Banks dipanggil kembali oleh Squire, menggantikan Bayley sebagai gitaris.[6] Terakhir, organis dan pianis yang terlatih secara klasik Tony Kaye, dari Star Combo and the Federals karya Johnny Taylor, menjadi pemain keyboard dan anggota kelima.[10] Band yang baru lahir ini berlatih di ruang bawah tanah kafe The Lucky Horseshoe di Shaftesbury Avenue antara 10 Juni dan 9 Juli 1968.[11][12][13]

Anderson menyarankan agar mereka menamakan band baru itu Life.[14] Squire menyarankan agar itu disebut Dunia.[15] Banks menjawab dengan sederhana, "yes", dan begitulah nama band itu.[6][14] Banks juga menyatakan bahwa dia memikirkan nama "Yes" beberapa tahun sebelumnya.[6] Pertunjukan pertama di bawah merek baru diikuti di perkemahan pemuda di Mersea Timur, Essex pada tanggal 3 Agustus 1968.[16] Set awal terbentuk dari lagu cover dari artis seperti The Beatles, The 5th Dimension dan Traffic.[17] Pada 16 September, Yes tampil di klub Blaise di London sebagai pengganti Sly and the Family Stone, yang tidak hadir. Mereka diterima dengan baik oleh penonton, termasuk pembawa acara Roy Flynn yang menjadi manajer band malam itu.[18] Bulan itu, Bruford memutuskan berhenti tampil untuk belajar di Universitas Leeds.[19] Penggantinya, Tony O'Reilly dari the Koobas, berjuang untuk beberapa kali tampil bersama anggota grup lainnya di atas panggung dan mantan drummer Warriors dan masa depan King Crimson Ian Wallace menggantikan satu pertunjukan pada 5 November 1968.[19] Setelah Bruford ditolak cuti panjang selama satu tahun dari Leeds, Anderson dan Squire meyakinkannya untuk kembali mengisi slot pendukung Yes untuk konser perpisahan Cream di Royal Albert Hall pada 26 November.[19]

Setelah melihat pertunjukan awal King Crimson pada tahun 1969, Yes menyadari bahwa tiba-tiba ada persaingan yang ketat di sirkuit pertunjukan London, dan mereka harus lebih mahir secara teknis, memulai latihan rutin.[20] Mereka kemudian menandatangani berkali-kali kesepakatan dengan Atlantic Records, dan, pada bulan Agustus itu, merilis album debut mereka Yes.[21] Dikompilasi dari sebagian besar materi asli, rekaman ini mencakup membawakan lagu "Every Little Thing" oleh The Beatles dan "I See You" oleh The Byrds. Meskipun album ini gagal masuk ke tangga album Inggris, kritikus Rolling Stone Lester Bangs memuji "rasa gaya, rasa, dan kehalusan" album tersebut.[22] Kolumnis Melody Maker Tony Wilson memilih Yes dan Led Zeppelin sebagai dua band yang "paling mungkin sukses".[23]

Setelah tur Skandinavia dengan Faces, Yes melakukan konser solo di Queen Elizabeth Hall pada 21 Maret 1970. Paruh kedua terdiri dari cuplikan dari album kedua mereka Waktu dan Kata, diiringi oleh orkestra remaja beranggotakan 20 orang.[24] Banks mengundurkan diri dari grup pada 18 April 1970, hanya tiga bulan beberapa kali sebelum album dirilis. Setelah menyatakan ketidakpuasannya terhadap gagasan rekaman dengan orkestra serta pemecatan Flynn di awal tahun,[21][25] Banks kemudian mengindikasikan bahwa dia dipecat oleh Anderson dan Squire, dan bahwa Kaye dan Bruford tidak mengetahui sebelumnya bahwa hal itu akan terjadi.[20] Mirip dengan album pertama, Time and a Word menampilkan lagu-lagu asli dan dua cover baru–"Everydays" oleh Buffalo Springfield dan "No Opportunity Necessary, No Experience Needed" oleh Richie Havens. The album broke into the UK charts, peaking at number 45.[26] Pengganti Banks adalah Tomorrow gitaris Steve Howe, yang muncul di foto grup edisi Amerika meskipun tidak pernah bermain di dalamnya.[27]

Dua Album Pertama

Didirikan oleh Jon Anderson, Chris Squire, Peter Banks, Tony Kaye dan Bill Bruford, Yes mengeluarkan album pertama yang swanama. Album ini, sesuai dengan kebiasaan masa itu, terdiri dari komposisi original dan versi cover dari artis lain.

Yang paling mengesankan adalah cover lagu Every Little Thing dari The Beatles yang diubah sedemikian rupa sehingga nyaris tak dikenali lagi. Yes mempercepat tempo lagu ini, menambahkan intro yang rumit dan jamming di tengah lagu sehingga nuansanya menjadi sangat berbeda dari versi aslinya.

Survival dari album yang sama memperkenalkan unsur-unsur yang kemudian akan menjadi ciri khas musik Yes pada masa datang, yaitu perubahan irama di tengah lagu dan aransemen yang menonjolkan kemampuan teknis masing-masing anggota.

Tahun berikutnya Yes meluncurkan album Time And A Word. Dalam album ini terasa pengaruh dari berbagai aliran musik seperti country, klasik dan blues. Dalam lagu Everydays, misalnya, Peter Banks mengutip Jesu Joy Of Man's Desiring dari Johann Sebastian Bach yang berirama 9/8. Selain itu mereka juga melibatkan orkes simfoni dalam proses rekaman, satu hal yang masih tergolong baru saat itu dan dipelopori oleh The Beatles.

Segera setelah proses rekaman selesai, tetapi sebelum versi Amerika dikeluarkan, Banks yang ingin berkonsentrasi pada karier solonya memutuskan untuk hengkang dari grup dan digantikan oleh Steve Howe. Karena inilah Howe tampil dalam sampul album versi Amerika walaupun ia tidak ambil bagian dalam album di atas.

Perlahan membentuk formasi klasik

Dengan Steve Howe, Yes lantas merekam The Yes Album pada tahun 1971, yang mengandung antara lain lagu Starship Trooper. Lagu ini terdiri dari 3 bagian dan sampai sekarang masih sering dimainkan dalam konser mereka sebagai lagu penutup. Terutama bagian terakhir yang berjudul Wurm biasanya menjadi ajang solo gitar dan keyboard berbalasan.

Tony Kaye kemudian juga memutuskan untuk meninggalkan Yes dan membentuk band Badger. Penggantinya adalah Rick Wakeman yang di kemudian hari menjadi anggota yang paling sering keluar-masuk formasi Yes. Fragile, album mereka selanjutnya, pada dasarnya terdiri dari empat lagu (Roundabout, South Side Of The Sky, Long Distance Runaround dan Heart Of The Sunrise) dan lima komposisi/aranjemen individu (Cans And Brahms dari Wakeman, We Have Heaven dari Anderson, Five Per Cent For Nothing dari Bruford, The Fish dari Squire dan Mood For A Day dari Howe). Cans And Brahms adalah adaptasi dari Fourth Symphony in E minor, gerakan ketiga karya Johannes Brahms dan The Fish adalah nama panggilan Squire yang diberikan oleh Bruford.

Close To The Edge yang dirilis pada tahun yang sama sering disebut sebagai album terbaik mereka. Di era piringan hitam saat itu, ketika satu sisi cakram hanya dapat merekam sekitar 15-20 menit, Yes mengisi satu sisi dengan satu lagu penuh (Close To The Edge, berdurasi 18:50), sementara sisi lainnya mengandung 2 lagu (And You And I, 10:09 dan Siberian Khatru 18:57). Hal ini diangap cukup kontroversial pada saat itu dan menerobos batasan sebelumnya, yaitu panjang "normal" untuk sebuah lagu yang tidak lebih dari 5 menit.

Di tengah tur untuk mempromosikan Close To The Edge, Bill Bruford merasa bahwa ia ingin lebih banyak memainkan musik jazz daripada rock dan kemudian bergabung dengan grup musik King Crimson. Penggantinya Alan White hanya memiliki waktu beberapa hari untuk mempelajari komposisi musik Yes yang rumit sebelum pergi untuk tur bersama mereka. White membuktikan dirinya sebagai musisi yang handal dan kemudian menjadi anggota resmi. Masa transformasi antara Bruford dan White ini kemudian direkam dalam album live Yessongs yang terdiri dari 3 cakram.

Merasa masih dapat menggeser batas-batas rintangan dalam musik populer, mereka kemudian merekam album Tales From Topographic Oceans yang lebih ekstrem daripada Close To The Edge. Di sini mereka mencoba mengadaptasi keempat kitab suci Hindu menjadi empat lagu epik, masing-masing panjangnya berkisar 20 menit.

Wakeman sebenarnya merasa keberatan akan konsep ini dan akhirnya setelah proses rekaman selesai menyatakan diri keluar dari grup dan digantikan oleh Patrick Moraz, seorang pemain keyboard dari Swiss. Bersama Moraz Yes mengeluarkan satu album berjudul Relayer, masih dengan satu lagu epik di sisi A (Gates Of Delirium) dan dua lagu yang lebih pendek di sisi B (Sound Chaser dan To Be Over).

Tekanan yang berat dari popularitas dan tur di seluruh dunia membuat anggota Yes lelah dan mereka memutuskan untuk menerbitkan album solo masing-masing pada tahun 1976. Setelah periode ini mereka lantas kembali ke studio tanpa Moraz yang telah keluar pula, dan mulai menulis dan merekam lagu-lagu yang relatif lebih pendek daripada sebelumnya. Wakeman dihubungi untuk bermain sebagai musisi session tetapi kemudian terkesan akan kualitas lagu-lagu yang telah ditulis sehingga memutuskan untuk bergabung kembali. Hasilnya adalah album Going For The One.

Sayangnya periode harmonis ini tidak bertahan lama. Ketika merekam album selanjutnya, Tormato, perbedaan pendapat kembali mengancam persatuan band dan proses rekaman yang sulit akhirnya membuat Anderson dan Wakeman mengambil keputusan untuk pergi setelah album ini selesai. Banyak orang yang berpendapat bahwa Yes sudah selesai sampai di sini karena vokal Jon Anderson yang jernih dan mampu mencapai nada tinggi sungguh unik dan sulit digantikan oleh siapapun.

Periode pergantian

Kejutan menanti fans Yes ketika ketiga anggota yang masih tersisa (Squire, Howe dan White) mengundang duo The Buggles yang terdiri dari Trevor Horn dan Geoff Downes untuk bergabung. Album yang dihasilkan formasi ini, Drama, memperkenalkan suara yang lebih pekat dan berat, dan peran Chris Squire terasa lebih menonjol.

Steve Howe dan Geoff Downes lantas mendirikan supergrup Asia bersama Greg Lake dan Carl Palmer (keduanya dari Emerson Lake and Palmer) dan John Wetton (dari King Crimson). Hal ini berarti Yes hanya memiliki seorang basis dan seorang drummer. Squire kemudian mengundang seorang gitaris muda dari Afrika Selatan bernama Trevor Rabin. Rabin membawa lagu-lagu yang telah ia tulis dan Squire juga lantas menghubungi Tony Kaye untuk bergabung kembali. Berempat mereka memiliki rencana untuk membentuk grup bernama Cinema. Tetapi perusahaan rekaman mereka ingin memanfaatkan nama besar yang tengah dibangun, dan berusaha mendapatkan Jon Anderson kembali di dalam grup. Hal ini akhirnya menjadi kenyataan dan nama grup ini diubah kembali menjadi Yes.

Album 90125 terbukti menjadi album Yes yang paling laris, terutama karena single hit Owner Of A Lonely Heart. Tetapi sementara itu fans lama grup ini merasa terkhianati karena Yes tidak lagi menulis lagu-lagu epik seperti pada masa awal 70-an.

Lepas dari itu, mereka kemudian merekam album kedua dengan formasi ini yang berjudul Big Genarator. Sayangnya proses rekaman kemudian menjadi sangat sulit dengan konflik personal antar anggota dan Yes gagal mempertahankan momentum yang telah diraih dengan 90125. Ketika Big Generator diluncurkan nyaris 3 tahun kemudian, mereka telah hampir terlupakan karena banyak artis baru juga muncul.

Kekecewaan yang dihasilkan membuat Yes kembali goyah dan Anderson kemudian mendirikan Anderson Bruford Wakeman Howe (disingkat ABWH) bersama tiga mantan anggota lainnya. ABWH mengeluarkan satu album dengan bantuan musisi session Tony Levin. Mereka kemudian mengadakan tur dunia dengan nama "An Evening Of Yes Music".

Persatuan kembali

Sementara itu Squire mulai merekam album selanjutnya bersama Kaye, White dan Rabin. Formasi ini sering dirujuk dengan nama "YesWest" karena mereka memusatkan aktivitasnya di pantai barat Amerika, terutama kota Los Angeles. Ketika Anderson sedang merekam vokal untuk album ABWH selanjutnya di kota ini, ia menghubungi Rabin. Demi mendengar lagu-lagu ini Anderson merasa tertarik untuk menambahkan vokalnya. Rabin dan yang lain juga setuju dan sebagai balas budi, Squire juga menambahkan vokal dukungan untuk lagu-lagu ABWH. Melalui suatu proses yang panjang kedua fraksi ini akhirnya menggabungkan diri dan membentuk suatu formasi besar yang terdiri dari 8 orang. Mereka menerbitkan satu album Union dan juga tur ke seluruh dunia.

Pada akhirnya Bruford, Wakeman dan Howe kembali meninggalkan band ini dan formasi Yes kembali ke masa 90125 dan Big Generator. Anderson, Squire, Rabin, Kaye dan White merekam album Talk yang menampilkan pengaruh musik country. Selain itu mereka juga kembali menulis lagu epik Endless Dream yang berdurasi 15:41 menit.

Ketika Rabin juga ingin berkonsentrasi pada karier solonya dan Kaye keluar karena alasan kesehatan, Wakeman dan Howe datang kembali. Yes kemudian menulis material untuk satu album yang anehnya kemudian dipecah menjadi dua album, Keys To Ascension 1 dan Keys To Ascension 2. Kedua album ini mengandung rekaman konser dan sebagai bonus beberapa lagu baru rekaman studio.

Wakeman digantikan oleh Billy Sherwood dari Amerika untuk album Open Your Eyes yang pada awalnya direncanakan sebagai album solo Chris Squire. Igor Khoroshev, musisi dari Rusia yang ambil bagian sebagai musisi session untuk album di atas kemudian menjadi anggota penuh dalam album berikutnya, The Ladder. Sebagai promosi album ini, sebuah game komputer berjudul Homeworld yang diiringi musik dari album tersebut kemudian diluncurkan. Taktik pemasaran yang unik ini telah menjangkau kalangan muda.

Untuk album Magnification pada tahun 2001, Yes memutuskan untuk tidak melibatkan pemain keyboards. Sebagai gantinya, mereka merekam album ini dengan bantuan orkes simfoni seperti yang telah mereka lakukan 30 tahun sebelumnya. Bagian-bagian yang membutuhkan pemain keyboard ditangani oleh Alan White, yang juga terlatih memainkan piano. Album ini kemudian diikuti oleh tur YesSymphonic beserta 60 orang pemain orkestra dan pemain keyboard Tom Brislin.

Sejak itu Rick Wakeman telah kembali untuk tur Full Circle pada tahun 2002/2003 dan tur 35th Anniversary pada tahun 2004.

Anggota

Anggota tetap

  • Steve Howe – gitaris, vokal (1970–1981, 1990–1992, 1995–2004, 2008–sekarang)
  • Alan White – drum, perkusi, piano, vokal (1972–1981, 1983–2004, 2008–sekarang)
  • Geoff Downes – kibordis, vokal (1980–1981, 2011–sekarang)
  • Billy Sherwood – bassis (2015–sekarang), vokal (1997–2000, 2015–sekarang), gitar (1997–2000), kibor (1997–1998); touring 1994
  • Jon Davison – vokalis, gitar, perkusi, kibor (2012–sekarang)

Mantan anggota

  • Chris Squire – bassis, vokal (1968–1981, 1983–2004, 2008–2015; meninggal 2015)
  • Jon Anderson – vokalis, gitar, perkusi (1968–1980, 1983–1988, 1990–2004, 2008)
  • Bill Bruford – drummer, perkusi (1968–September 1968, November 1968–1972, 1990–1992)
  • Tony Kaye – kibordis (1968–1971, 1983, 1983–1995; touring 2018–2019)
  • Peter Banks – gitar, vokal latar (1968–1970; meninggal 2013)
  • Tony O'Reilly – drummer (September–November 1968)
  • Rick Wakeman – kibordis (1971–1974, 1976–1980, 1990–1992, 1995–1997, 2002–2004)
  • Patrick Moraz – kibordis (1974–1976)
  • Trevor Horn – vokalis (1980–1981, 2018)
  • Trevor Rabin – gitar, vokalis, kibor (1983–1995)
  • Eddie Jobson – kibordis (1983)
  • Igor Khoroshev – kibordis (1997–2000)
  • Benoît David – vokalis, gitar akustik (2008–2012)
  • Oliver Wakeman – kibordis (2008–2011)

Musisi sesi

Garis waktu

Diskografi

Sampul Terbit Judul Anggota Keterangan
25 Juli 1969 Yes Anderson Squire Bruford Kaye Banks
Juni 1970 Time And A Word Anderson Squire Bruford Kaye Banks UK #45
19 Februari 1971 The Yes Album Anderson Squire Bruford Kaye Howe UK #4; US #40
26 November 1971 Fragile Anderson Squire Bruford Howe Wakeman UK #7; US #4
15 September 1972 Close To The Edge Anderson Squire Bruford Howe Wakeman UK #4; US #3
18 Mei 1973 Yessongs Anderson Squire Bruford/White Howe Wakeman UK #7; US #12
14 Desember 1973 Tales from Topographic Oceans Anderson Squire White Howe Wakeman UK #1; US #6
13 Desember 1974 Relayer Anderson Squire White Howe Moraz UK #4; US #5
22 Juli 1977 Going for the One Anderson Squire White Howe Wakeman UK #1; US #8
29 September 1978 Tormato Anderson Squire White Howe Wakeman UK #8; US #10
22 Agustus 1980 Drama Horn Squire White Howe Downes UK #2; US #18
19 Desember 1980 Yesshows Anderson Squire White Howe Wakeman/Moraz UK #22; US #43
14 November 1983 90125 Anderson Squire White Kaye Rabin UK #16; US #5
7 November 1985 9012Live: The Solos Anderson Squire White Kaye Rabin UK #44; US #81
28 September 1987 Big Generator Anderson Squire White Kaye Rabin UK #17; US #15
30 April 1991 Union Anderson Squire White Howe Wakeman Kaye Bruford Rabin UK #7; US #15
21 Maret 1994 Talk Anderson Squire White Kaye Rabin UK #20; US #33
28 Oktober 1996 Keys to Ascension Anderson Squire White Howe Wakeman UK #48; US #99
3 November 1997 Keys to Ascension 2 Anderson Squire White Howe Wakeman UK #62
24 November 1997 Open Your Eyes Anderson Squire White Howe Sherwood US #151
20 September 1999 The Ladder UK #36; US #99
25 September 2000 House Of Yes - Live from the House of Blues Anderson Squire White Howe Sherwood Khoroshev
10 September 2001 Magnification Anderson Squire White Howe UK #71; US #186
2011 Fly from Here
2014 Heaven & Earth
2021 The Quest
2023 Mirror to the Sky

Referensi

  1. ^ Pete Prown; HP Newquist (1997). Legends of Rock Guitar: The Essential Reference of Rock's Greatest Guitarists (dalam bahasa Inggris). Hal Leonard Corporation. hlm. 78. ISBN 978-0793540426. ... British art rock groups such as the Nice, Yes, Genesis, ELP, King Crimson, the Moody Blues, and Procol Harum ... }
  2. ^ "Interview with Trevor Rabin / April 2020". Museonmuse.jp. Diakses tanggal 13 Januari 2022. 
  3. ^ "Top Selling Artists". RIAA. Diakses tanggal 22 September 2017. 
  4. ^ "Yes the Studio Albums 1969–1987". yesworld. Diakses tanggal 25 November 2021. 
  5. ^ "VH1 100 Greatest Artists of Hard Rock". YouTube. Diakses tanggal 22 September 2017. 
  6. ^ a b c d e f Welch 2008, p. 33–34.
  7. ^ Welch 2008, p. 23.
  8. ^ Welch 2008, p. 24.
  9. ^ Welch 2008, p. 37.
  10. ^ Welch 2008, p. 38
  11. ^ Bruford, p. 35
  12. ^ Welch 2008, p. 39
  13. ^ Welch 2008, p. 44
  14. ^ a b Hunter-Tilney, Ludovic (11 Mei 2018). "A tale of Two Yesses". Financial Times. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal 10 Desember 2022. A band meeting was convened. 'I said, "Why don't we call ourselves Life?" And Chris said, "World". And [guitarist] Peter Banks, bless him, said "Yes". And we said, "The Yes?" He said, "No, no, no. Just Yes." So we said OK. And that's how it started.' 
  15. ^ Yesspeak Live: The Director's Cut
  16. ^ "08/03/1968 Mersea, United Kingdom". Forgotten Yesterdays. Diakses tanggal 15 September 2023. 
  17. ^ Welch 2008, p. 45.
  18. ^ Welch 2008, pp. 50–51.
  19. ^ a b c Welch 2008, pp. 52–53.
  20. ^ a b "Interview with Peter Banks by Mark Powell". Cherry Red TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Desember 2021. Diakses tanggal 21 September 2017. 
  21. ^ a b Welch 2008, p. 315
  22. ^ "Yes: Yes: Music Reviews: Rolling Stone". Rolling Stone. 7 Februari 1970. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Juni 2008. Diakses tanggal 14 Maret 2013. 
  23. ^ Liner notes on Yes (1969)
  24. ^ Welch 2008, p. 77.
  25. ^ Welch 2008, p. 80.
  26. ^ "YES | full Official Chart History | Official Charts Company". www.officialcharts.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Oktober 2022. Diakses tanggal 14 Oktober 2022. 
  27. ^ Welch, 2008, p. 89
  28. ^ "The Quest". yesworld.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Oktober 2021. The Quest is the first new YES studio album since 2014’s Heaven & Earth and is also the first featuring the lineup of Steve Howe, Alan White, Geoff Downes, Jon Davison, Billy Sherwood and Jay Schellen. And though The Quest first began to develop in the fall of 2019, it is really the culmination of the bond and working relationship that has steadily developed and bloomed over the course of several years of touring. 

Pranala luar

Read other articles:

Doridoidea Doris odhneriTaksonomiKerajaanAnimaliaFilumMolluscaKelasGastropodaOrdoNudibranchiaSuperfamiliDoridoidea Rafinesque, 1815 Tata namaSinonim takson Cryptobranchia Eudoridoidea Labiostomata[1] FamiliesSee text.lbs Doridoidea, umumnya dikenal sebagai nudibranchia dorid (dan sebelumnya dikenal sebagai takson Cryptobranchia), adalah superfamili taksonomi dari siput laut tanpa cangkang berukuran sedang hingga besar, moluska gastropoda laut dalam clade Doridacea, dan termasuk dalam cla…

Daniel Chipman Daniel Chipman (22 Oktober 1765 – 23 April 1850) merupakan seorang politikus berkebangsaan Amerika. Ia bekerja sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dari Vermont. Karya yang diterbitkan “Life of Nathaniel Chipman” “Memoirs of Thomas Chittenden, First Governor of Vermont” Essay of Law of Contracts Memoirs of Col. Seth Warner Referensi Bacaan selanjutnya Speech of Hon. Daniel Chipman, published by E.R. Jewett, 1837. Pranala luar Biographical Director…

Haneen ZoabiLahir23 Mei 1969 (umur 54)Tempat lahirNazareth, IsraelKnesset18, 19, 20Faksi yang diwakili di Knesset2009–2015Balad2015–Joint List Haneen Zoabi, juga Hanin Zoubi (Arab: حنين زعبيcode: ar is deprecated , Ibrani: חנין זועביcode: he is deprecated ; kelahiran 23 Mei 1969), adalah seorang Arab Palestina, dan seorang warga negara Arab di Israel, yang sekarang menjabat sebagai anggota Knesset untuk Joint List. Menjabat di Knesset sejak 2009, Zoabi adalah wanita Ara…

Artikel ini sebatang kara, artinya tidak ada artikel lain yang memiliki pranala balik ke halaman ini.Bantulah menambah pranala ke artikel ini dari artikel yang berhubungan atau coba peralatan pencari pranala.Tag ini diberikan pada Februari 2023. I've Fallen For YouGenreKomedi romansa SejarahBerdasarkanJin Xin Jioleh Han XuefeiDitulis olehZhou Tong Dai MengyingSutradaraZhou Tong Dai MengyingPemeranYu Shuxin Liu Yichang Lou Mingjie Chen HaolanNegara asalTiongkokBahasa asliMandarinJmlh. musim2Jmlh.…

Back RoadsPoster teatrikalSutradaraAlex PettyferProduserMichael OhovenCraig RobinsonAlex PettyferAshley MansourJake SealDan SpiloDitulis olehTawni O'DellAdrian LyneBerdasarkanBack Roadsoleh Tawni O'DellPemeranAlex PettyferJennifer MorrisonNicola PeltzChiara AureliaHala FinleyJune CarryRobert PatrickJuliette LewisPenata musikJohn HunterSinematograferJarin BlaschkePenyuntingKant PanPerusahaanproduksiUpturn ProductionsInfinity FilmsBack Roads Production LtdDistributorSamuel Goldwyn FilmsTangg…

Mohammad Hamid AnsariMohammad Hamid Ansari Wakil Presiden IndiaMasa jabatan11 Agustus 2007 – 11 Agustus 2017PresidenPratibha PatilPranab MukherjeeRam Nath KovindPerdana MenteriManmohan Singh PendahuluBhairon Singh ShekhawatPenggantiVenkaiah Naidu Informasi pribadiLahir1 April 1937 (umur 86)Kalkuta, Bengal, British IndiaKebangsaanIndiaSuami/istriSalma AnsariAlma materSt. Xavier's College, Calcutta (B.Com)Aligarh Muslim University (Master's in Pol Sc)ProfesiDiplomat, AkademisiSunti…

Political party in European Union Alliance of European National Movements PresidentBéla KovácsFounded24 October 2009; 14 years ago (2009-10-24)Preceded byEuronatIdeologyUltranationalismEuroscepticismRussophilia[citation needed]Anti-communismRight-wing populismPolitical positionFar-right[1]International affiliationNoneEuropean Parliament groupNon-InscritsEuropean Parliament0 / 751Politics of European UnionPolitical partiesElections The Alliance of…

Pour les articles homonymes, voir Modigliani (homonymie). Franco ModiglianiIntervenant en 2000 auxFord/MIT Nobel Laureate Lecture Series[1].FonctionPrésidentBiographieNaissance 18 juin 1918RomeDécès 25 septembre 2003 (à 85 ans)CambridgeNationalité Italie / États-UnisDomicile États-Unis (1939-2003)Formation The New SchoolNew School for Social Research (en)Activités Économiste, professeur d'universitéAutres informationsA travaillé pour Massachusetts Institute of TechnologySloan Sch…

Supersonic drone Q-4 / AQM-35 XQ-4 Role Target droneType of aircraft National origin United States Manufacturer Northrop Corporation First flight January 1956 Retired mid 1960s Primary user United States Air Force Number built 25 The AQM-35 was a supersonic target drone produced by the Northrop Corporation. Overview The AQM-35 program began life in 1953 as the Model RP-61 supersonic target drone. In June 1954 the United States Air Force awarded Northrop a contract for development of the pro…

Cet article concerne la ville du Kazakhstan. Pour le cosmodrome de Baïkonour, voir Cosmodrome de Baïkonour. Pour la station de métro d’Almaty, voir Baïkonour (métro d'Almaty). Pour le film de 2011, voir Baikonur (film, 2011). Baïkonour Héraldique Drapeau Baïkonour vue d'avion. Administration Pays Kazakhstan Russie Oblys Qızılorda Géographie Coordonnées 45° 37′ 42″ nord, 63° 18′ 16″ est Localisation Géolocalisation sur la carte : Kaz…

Pour les articles homonymes, voir Louis Garnier (homonymie), Garnier et Garnier-Pagès. Si ce bandeau n'est plus pertinent, retirez-le. Cliquez ici pour en savoir plus. Cet article d'une biographie doit être recyclé (septembre 2006). Une réorganisation et une clarification du contenu paraissent nécessaires. Améliorez-le, discutez des points à améliorer ou précisez les sections à recycler en utilisant {{section à recycler}}. Si ce bandeau n'est plus pertinent, retirez-le. Cliquez ici po…

Stasiun Hanamaki-Kūkō花巻空港駅Stasiun Hanamaki-Kūkō pada April 2009LokasiNimaibachi dai-5 jiwari 118, Hanamaki-shi, Iwate-ken 025-0312JepangKoordinat39°26′34″N 141°07′40″E / 39.4428°N 141.1278°E / 39.4428; 141.1278Koordinat: 39°26′34″N 141°07′40″E / 39.4428°N 141.1278°E / 39.4428; 141.1278Operator JR East JR Freight Jalur■ Jalur Utama TōhokuLetak505.7 km from TokyoJumlah peron1 peron samping + 1 peron pulauJumla…

ООО «СТС Медиа» Тип бизнес-предприятие, предприятие и публичная компания Листинг на бирже NASDAQ: CTCM Основание 1989 Прежние названия Story First Communications (1989 — 14 сентября 2004)[1] Основатели Питер Герви Расположение Москва, Россия Ключевые фигуры Александр Акопов (генеральны…

American politician Senator Mead redirects here. For other uses, see Senator Mead (disambiguation). James Michael MeadMead in 1937United States Senatorfrom New YorkIn officeDecember 3, 1938 – January 3, 1947Preceded byRoyal S. CopelandSucceeded byIrving M. IvesChair of the Federal Trade CommissionIn officeMay 24, 1950 – March 31, 1953Preceded byLowell MasonSucceeded byEdward F. HowreyMember of the Federal Trade CommissionIn officeNovember 15, 1949 – September 25,…

Marco Pellegrino Nazionalità  Argentina Altezza 184 cm Peso 79 kg Calcio Ruolo Difensore Squadra  Salernitana Carriera Giovanili 2010-2023 Platense Squadre di club1 2022-2023 Platense17 (1)2023-2024 Milan1 (0)2024-→  Salernitana6 (0) 1 I due numeri indicano le presenze e le reti segnate, per le sole partite di campionato.Il simbolo → indica un trasferimento in prestito. Statistiche aggiornate al 1º aprile 2024 Modifica dati su Wikidata · Manuale Marc…

هذه المقالة تحتاج للمزيد من الوصلات للمقالات الأخرى للمساعدة في ترابط مقالات الموسوعة. فضلًا ساعد في تحسين هذه المقالة بإضافة وصلات إلى المقالات المتعلقة بها الموجودة في النص الحالي. (يونيو 2020) وحدة تشكيل مستعمرة لانغرهانس (اختصارًا CFU-DL) هي وحدة تشكيل مستعمرة. ينشأ منها خلاي…

Circondario della Saale-OrlacircondarioSaale-Orla-Kreis LocalizzazioneStato Germania Land Turingia DistrettoNon presente AmministrazioneCapoluogoSchleiz TerritorioCoordinatedel capoluogo50°34′48″N 11°45′00″E / 50.58°N 11.75°E50.58; 11.75 (Circondario della Saale-Orla)Coordinate: 50°34′48″N 11°45′00″E / 50.58°N 11.75°E50.58; 11.75 (Circondario della Saale-Orla) Altitudine472 m s.l.m. Superficie1 148,41 km² Abit…

Questa voce o sezione sull'argomento Europa non cita le fonti necessarie o quelle presenti sono insufficienti. Puoi migliorare questa voce aggiungendo citazioni da fonti attendibili secondo le linee guida sull'uso delle fonti. Segui i suggerimenti del progetto di riferimento. L'Europa continentale secondo l'accezione più comune L'Europa continentale, definita anche l'Europa sulla terraferma, o semplicemente il continente, è il continente europeo, senza le isole europee e, a volte, le peni…

Theatre in Valmiera, Latvia Valmiera Drama Theatre (2009) Valmiera Drama Theatre (Latvian: Valmieras Drāmas teātris) is a theatre in Valmiera, Latvia.[1] It was established in 1919. Asja Lācis was director from 1950 to 1957. References ^ Valmieras Drāmas teātris. Kulturaskarte.lv. Retrieved 8 January 2013. External links Official website 57°32′22″N 25°25′34″E / 57.5394°N 25.4261°E / 57.5394; 25.4261 This article about a Latvian building or structu…

Protein-coding gene in the species Homo sapiens FOXC1IdentifiersAliasesFOXC1, ARA, FKHL7, FREAC-3, FREAC3, IGDA, IHG1, IRID1, RIEG3, forkhead box C1, ASGD3External IDsOMIM: 601090 MGI: 1347466 HomoloGene: 20373 GeneCards: FOXC1 Gene location (Human)Chr.Chromosome 6 (human)[1]Band6p25.3Start1,609,915 bp[1]End1,613,897 bp[1]Gene location (Mouse)Chr.Chromosome 13 (mouse)[2]Band13 A3.2|13 13.52 cMStart31,990,616 bp[2]End31,996,459 bp[2]RNA express…

Kembali kehalaman sebelumnya